LUBUK PAKAM- Saat cuaca cerah minuman dingin tampil bak primadona yang diperebutkan banyak orang. Warung Ahua Jalan Jalan Cikditiro Lubuk Pakam memberi solusi bagi mereka yang haus dan ingin istirahat sambil menghalau gerah dengan aneka minuman yang disediakan Minuman yang dijual di warung yang sudah ada sejak tahun 1985 ini juga tidak biasa dan tidak ada duanya di kota tersebut. Ia biasanya disajikan di rumah rumah warga peranakan. “Karena gak sembarangan inilah saya terpikir untuk jualan,”terang Ayen,si pemilik warung kepada Gosumut akhir November lalu.

Minuman yang dijual terdiri dari es jali, es kelapa, es kacang hijau, es pepaya, es koteng, es doger dan lainnya. Selanjutnya disediakan juga misop. “Karena biasanya kalau sudah minum, orang pasti ingin makan. Cocoknya ya makanan  jajanan seperti ini,”paparnya.

Es jali yang bewarna putih terang dipadukan dengan biji teratai. Untuk pemanis menggunakan gula pasir. Disajikan segar tanpa menggunakan santan.  Saat disajikan ditambahi es batu. Bagi yang suka minuman bersantan bisa memilih minuman  es pepaya. Ia adalah pepaya masak  dikerok menyerupai spaghetti selanjutnya diberi kuah dari santan dan gula putih. Rasanya pun sungguh mantap dan segar.

Untuk minuman dengan  isi yang lebih bervariasi bisa memilih es doger. Isinya terdiri dari kolang kaling, mata ikan, jagung, kelapa muda, pepaya serut dengan kuah yang bersantan. Untuk pemanisnya menggunakan gula pasir. Di atasnya diberi es batu yang diserut. Rata rata minuman ini pergelasnya dihargai 7ribu hingga 9ribu Rupiah.

Tiap harinya warung Ahua ramai pembeli dengan kalangan yang lintas etnis. Menurut Ayen perharinya ia bisa menjual hingga 500 gelas minuman. Warung Es Ahua buka pukul 9.00 WIB  hingga pukul 18.00 WIB.