MEDAN - Praktisi Pendidikan Sumut Ahmad Khairuddin, M.Si mengatakan pemuda sebagai pelopor dan pelangsung kemerdekaan RI, harus bisa mengisi kemerdekaan dengan membangun mental spiritualitas yang tinggi, sekaligus membentuk mental kepribadian yang tangguh.

Khairuddin, saat berbincang di kediamannya di Jalan Medan Sunggal. Sabtu (3/12/2016) mengatakan tangguhnya jiwa seorang pemuda tidak cukup dilihat dari sisi usia dan jasmaninya saja melainkan semangat dan kerja nyatanya.

“Kerja nyata pemuda salah satunya adalah melakukan kegiatan ekonomi kreatif dan memiliki jiwa wirausaha,” ungkap Dosen Ilmu Sosial di Kampus UIN Sumut ini.

Ia menuturkan, di era industrialisasi ini, para pemuda bangsa Indonesia harus mandiri dan memiliki usaha agar dapat memperkuat ekonominya. Ekonomi keluarga bahkan sangat berpengaruh terhadap perekonomian bangsa.

Menurut Khairuddin, jika ekonomi sebuah bangsa kuat, maka bangsa tersebut akan terlihat kuat dan tentu disegani oleh bangsa lain.

“Bangkitnya bangsa harus disertakan dengan bangkitnya ekonomi, begitupun bangkitnya ekonomi harus di dorong oleh para pemuda Indonesia itu juga,” tutup Khairuddin.