PADANG LAWAS - Untuk mengantisipasi aksi 212 di Kabupaten Padang Lawas, sebanyak 100 personel yang terdiri dari 85 polisi dan 15 polwan, dan water canon Polres Tapanuli Selatan disiagakan di Polsek Barumun, Jumat (2/12/2016).

Kapolsek Barumun AKP Sammailun Pulungan didampingi Kanit Pam Obvid Polres Tapsel Aiptu Nur Fuadi kepada GoSumut mengatakan personel yang disiapkan itu merupakan gabungan polisi dari Polres Tapsel, Polsek Barteng, Sosopan dan polisi dari Polsek Sosa.

"Saat ini kita sudah siagakan personel untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi terjadinya aksi 212  yang menimbulkan kerusuhan di tengah-tengah masyarakat Palas. Sejauh ini kondisi aman, terkendali,  dan arus transportasi juga lancer," ungkapnya.

Dijelaskan, dari hasil inteligen anggota di lapangan, tidak ditemukan adanya pergerakan massa yang akan mengadakan aksi unjukrasa ke Polsek maupun di tempat-tempat lain.

"Hanya saja, kita mendapatkan informasi Jaringan Pemuda dan Remaja Mesjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Palas akan mengadakan kebulatan tekad dan doa bersama di Mesjid Raudatul jannah Sibuhuan Jalan KH Dewantara Sibuhuan," sebutnya.

Kendatipun demikian kata Sammailun, pihaknya tetap menyiagakan personel, mana tahu ada aksi 212 yang dadakan. Pada intinya kita menyiagakan personel dan water canon itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi antsipasi saja.

"Oleh karena itu, kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Sibuhuan khususnya jangan merasa kaget dan ditakut-takuti, tidak ada niat kami untuk menimbulkan sensasi di masyarakat, dan tetapi kami upayakan polisi itu sebagai pengayom masyarakat,"terangnya.