PADANG LAWAS - Peringatan Hari Kesehatan nasional (HKN) ke 52, Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap bersama Wabup Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, menyerahkan dua unit mobil ambulance keliling ke Puskesmas Binanga dan Paringgonan. Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis mengatakan, tujuan peringatan HKN sebagai bentuk penghargaan kepada pejuang, ahli tenologi, dan ilmuan yang berperasn besar dibidang Iptek, dan bidang kesehatan.

“Kemudian meningkatkan rasa solidaritas diantara sesama insan kesehatan, mensinergikan para pilar 3 Indonesia  sehat yaitu paradigma sehat, penguatan yankes, dan kepesertaan BPJS, dan mengevaluasi  serta menindaklanjuti target pencapaian pembangunan minimal bidang kesehatan sesuai dengan Permenkes RI No 43 tahun 2016 selama satu tahun” terangnya.

Sasarannya kata Leli seluruh ASN di SKPD se-Kabupaten Palas, seluruh puskesmas se Kabupaten Palas, seluruh RSUD di Kabupaten Palas, seluruh organisasi profesi kesehatan se Kabupaten palas, dan masyarakat se Kabupaten Palas.

“Adapun jenis kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk memeriahkan HKN, kita sudah mengadakan lomba cuci tangan, pertandingan bola voly tingkat puskesmas, lomba desa siaga, lomba pengelolahan makanan ter hygines, lomba puskesmas terinovatif dan jalan santai,” sebutnya.

Leli menjelaskan, capaian pihaknya tahun 2016 sesuai dengan Permenkes no 43 tahun 2016 cakupan K4 ibu hamil 4.403 (53%) dari 8.344 ibu hamil, cakupan KN lengkap 3.381 (44,5 %) dari 7.583 bayi, pelaksanaan kesehatan bayi baru lahir 3.381 (61,5%) dari 7.583.

“Selanjutnya mencakup pelayanan kesehatan balita 21.633 (64,5 %) dari 33.540 balita, peleyanan kesehatan usia lanjut 6.133 (29,88%) dari 20.520, pelayanan kesehatan hipertensi dan pelayanan kesehatan DM,”terangnya.

Bupati Palas Ali Sutan Harahap dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat Palas supaya menerapkan pola hidup sehat dalam aktifitas sehari-hari. Utamanya jejaring kesehatan didesa menyerukan kepada masyarakat supaya lebih mementingkan kesehatan diatas segalanya.

“Mari kita memaknai  hari HKN ini menjalin hubungan dengan  masyarakat, dan stakeholder terkait didalam menumbuhkan semangat dan komitmen bersama menciptakan budaya dan perilaku sehat, dan menggugah kesadaran serta kecintaan masyarakat untuk hidup sehat,” terang Pria yang akrab disapa TSO itu.

TSO berharap seluruh petugas kesehatan mulai dari Dinkes Palas sampai  ditingkat perdesaan  terus meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kita meminta jangan ada lagi terdengar masyarakat Palas yang  mengalami persoalan kesehatan. 

“Dengan adanya penyerahan mobil ambulance Kita berharap pelayanan kesehatan bisa lebih mudah di terima oleh masyarakat. Mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi tentang kesehatan,” jelasnya.

Pantauan GoSumut, Rabu (30/11/2016), rangkaian peringatan HKN ke-52, Pemkab Palas melalui Dinas Kesehatan Palas  mengadakan gerak jalan santai yang diikuti ratusan ASN, masyarakat, pihak perbankan, dan perusahaan yang ada di kabupaten Palas.

Start jalan santai mulai dari Lapangan Merdeka dan finishing di depan kantor Kejaksaan Republik Indonesia (Kajari) Palas. Usai jalan santai, dilanjutkan dengan peniupan lilin ulang tahun HKN ke-52, dan selnajutnya seluruh peserta jalan santai mengikuti lucky draw dengan hadiah-hadiah menarik. Pencabutan luky draw dimulai dari Bupati Palas H Ali Sutan Harahap.