JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah dan Fadli Zon dipastikan tidak akan menghadiri demo tanggal 2 Desember mendatang. Kedua Wakil Ketua DPR RI itu akan berada di luar negeri.

Fahri Hamzah, misalnya akan melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan. Fahri dan rombongan DPR RI akan berangkat tanggal 2 Desember pukul 04.00 WIB. 

"Ada tugas negara ke Uzbekistan," kata Fahri singkat seraya tersenyum kepada wartawan, di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (28/11/2016).

Namun Fahri juga membantah, jika dirinya sengaja ke luar negeri guna menghindar dari aksi damai pada 2 Desember 2016 mendatang.

Namun tidak hadirnya Wakil Ketua DPR asal Sumbawa NTB ini karena ia telah memiliki agenda kerja ke Uzbekiztan. "Saya keberatan jika dibilang mangkir atau melarikan diri dari aksi itu, jadi tolong dibedakan, saya ini ke luar negeri tugas negara," ujar Fahri mengklarifikasi.

Diakuinya, memang jauh-jauh hari Fahri Hamzah berjanji dengan penuh keyakinan akan kembali turun ke jalan pada aksi super damai 2 Desember 2016 setelah demontrasi 4/11 yang lalu. Namun karena tugas tersebut dirinya terpaksa tidak hadir.

"Ada tugas negara ke Uzbekistan, kalau tidak ada tugas saya pasti turun kok, ujar Fahri.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon juga tidak berada di Indonesia. Sebab Fadli akan berkunjung ke Panama.

"Kebetulan, tanggal 2 Desember itu saya akan ada di luar, jadi pembicara di Panama soal Panama Papers, saya sebagai ketua GOPAC. Jadi saya tidak bisa hadir," kata Fadli.

Meski sebelumnya Fadli mengaku telah mendapat undangan aksi. Undangan yang didapat Fadli tersebut, hanya berupa lisan.

"Ya lisan aja. Kalau di Indonesia  (tanggal 2 Desember) saya hadir, toh itu peristiwa bersejarah, solat jumat di HI, lalu solat jumat di monas. Jarang-jarang," Fadli. ***