MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, mengapresiasi langkah LSM Saujana yang memperhatikan dan dapat menampung aspirasi penyandang Disabilitas dengan membantu mereka mencari dan mendapatkan pekerjaan yang layak bagi mereka. Apresiasi ini disampaikan Wakil Wali Kota didampingi Kadisosnaker Armansyah Lubis, Kepala Kesebangpolinmas Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga ketika menerima Audiensi LSM Saujana dan Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) di Kantor Wali Kota, Senin(28/11/2016).

Ketua LSM Saujana Kota Medan M Akbar Pribadi menjelaskan bahwa pihaknya memiliki Program kerja yakni Kerjabilitas, dimana Program ini Tee fokus pada keberadaan penyandang disabilitas di Kota Medan masih belum sepenuhnya diperhatikan, terutama sering terabaikan dalam pencarian pekerjaan di perusahaan swasta maupun BUMN atau BUMD.

"Kami berharap Pemko Medan memberi payung hukum bagi penyandang disabilitas seperti beberapa daerah lainnya sebagaimana yang telah diamanatkan UU No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas", katanya.

Melihat kondisi tersebut Wakil Wali Kota Medan ini menyampaikan simpatinya dan terkait payung hukum daerah bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan atau perusahaan memperkerjakan Disabilitas akan dikaji lebih lanjut oleh Pemko Medan.

"ditengah persaingan global, penyandang disabilitas lebih agresif mempromosikan kompetensi diri sehingga lebih menjual ke perusahaan dan mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya.Pemko Medan akan meningkatkan fasilitas infrastruktur umum bagi penyandang disabilitas", kata Akhyar.

Di tempat yang sama Wakil Wali Kota didampingi Kadis Pendidikan Marasutan menerima audiensi Ikatan Alumni SMP Angkasa Angkatan 84 (ASEMPA). Ketua ASEMPA, Fakhruddin
Menjelaskan, bahwa para alumni akan mengadakan silaturahmi ASEMPA, Sabtu 10 Desember 2016 di Cafe Pilot Lanud Soewondo.

"Silaturahmni dalam rangka mencari formula sebagai masukan bagi sekolah demi membangkitkan marwah sekolah. Untuk itu panitia turut mengundang Wali Kota berkenan hadir memberi arahan perbaikan bagi SMP Angkasa", katanya.