MEDAN - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin meminta seluruh masyarakat untuk melestarikan pencak silat, karena pencak silat salah satu nilai luhur budaya tanah air. "Kenapa saya bilang penting? Karena salah satu cara untuk menjaga kelestarian pencak silat sebagai nilai luhur budaya bangsa adalah latihan gabung seperti yang digelar hari ini,” ujar Wali Kota saat menghadiri Latihan Gabungan Perguruan Seni Bela diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Medandi Lapangan Pertiwi Medan, Minggu (28/11/2016) pagi.

Di hadapan Ketua Pimwil Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sumut, Ahmad Arif, Ketua Pimda Tapak Suci Putera Muhammadiyah Medan, M Andi Syahputra, Ketua IPSI Medan Kompol Enjang, Eldin menyebutkan segenap insan pencak silat dapat berbangga. Pasalnya, olah raga ini telah diminat penggemar bela diri di berbagai belahan dunia.

Bahkan, lanjut dia, pencak silat juga telah masuk dalam kurikulum kuliah dan sangat diminat mahasiswa di American University di Washington DC, Amerika Serikat.

“Kita harus senang dan bangga apabila budaya Indonesia menginspirasi dan dipelajari bahkan diadopsi bangsa lain, sepanjang mereka mengakui budaya itu berasal dari Indonesia,” ungkap Wali Kota.

Dalam kesempatan itu, Eldin juga mengapresiasi pengurus Perguruan Seni Bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Medan, yang telah mewarnai kehidupan di Sumatera Utara. Dia mengharapkan, rangkaian kegiatan latihan gabungan ini berjalan lancer sebagaimana yang diharapkan.

“Tunjukkanlah kerja keras dan kerja ikhlas agar kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi kemajuan bagi Perguruan dan dunia pencak silat di Sumatera Utara,” harap Eldin.