JAKARTA - Deputi Bidang Meteorologi DR. Yunus S. Swarinoto dari BMKG mengingatkan, agar masyarakat waspada dan berhati-hati mulai hari ini Sabtu (26/11/2016) sampai Kamis (1/12/2016) dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pasalnya kata dia, dari pantauan kondisi atmosfer terkini terdapat Siklon Tropis "TOKAGE" di Laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina dan beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam seminggu kedepan.

Beberapa Provinsi yang perlu waspada kata dia adalah: Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung dan Banten.

"Selain itu hujan juga akan terjadi di wilayah seperti Jabodetabek, Jawa Barat bag Barat dan Selatan, Jawa Tengah bag Timur dan Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat bag Barat, Kalimantan Barat bag Barat dan Utara, Kalimantan Tengah bag Utara, Kalimantan Timur bag Utara, Kalimantan Utara, Maluku bag Utara dan Tengah serta Papua bag Utara dan Tengah," ungkapnya kepada GoNews.co, Sabtu (26/11/2016) melalui siaran persnya.

Untuk itu kata dia, masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti: banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

"Siklon tropis TOKAGE berdampak meningkatkan, ketinggian gelombang laut antara 1.25 – 2.5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna. ***