PADANG LAWAS - Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Lawas menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2016. Hasilnya pun sudah didapatkan, dengan ditetapkan 5 juara untuk masing-masing kategori, pelajar dan umum.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Lawas Ali Jambi Hasibuan melalui Kabid Pemberdayaan Kepemudaan, Drs Toguan Rangkuti mengatakan, tahun ini pelaksanaan lomba karya tulis ilmiah di kalangan pemuda dilakukan setelah peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober dilewati.

"Jadi, kita buat terpisah pelaksanaan kegiatannya. Pemenangnya baru didapatkan kemarin, setelah uji presentasi di depan dewan juri," kata Toguan kepada GoSumut Jumat (24/11/2016).

Dikatakan, tahun ini, animo pemuda Palas untuk mengikuti lomba tulis karya ilmiah lebih tinggi. Bahkan, melebihi dari kuota peserta yang ditetapkan. "Kita membatasi peserta hanya 50 tulisan, tapi tulisan yang masuk sampai 70. Akhirnya, kita batasi sampai 50," kata Toguan.
Dijelaskan, hanya kecenderungan yang terlihat, kemampuan untuk mempertanggungjawabkan karya tulis saat presentasi masih kurang. Untuk itu, ke depan, diharapkan akan meningkatkan lagi penguasannya.

“Harusnya, kan bisa dikuasai itu tulisannya. Tapi, sebagian terlihat kurang penguasaan. Terlebih untuk anak sekolah," papar Toguan.

"Kita tidak campur tangan untuk penilaian. Penilaian asli kewenangan dewan juri yang kita percayakan pihak akademi," tambah Toguan.

Untuk diketahui, dari hasil seleksi akhir, juara satu untuk kategori umum dimenangkan oleh Mhd Yakub Hasibuan (Himmah Palas), disusul Zul Heriaman (PMII) di juara dua, Triono di posisi tiga, Zulkarnain Lubis di posisi empat atau harapan I dan Mhd Mashuri Lubis di harapan dua.

Sementara, untuk pelajar, dijuarai Ghina Handayani (SMAN 1 Barumun), disusul Zul Hitjarin dan Hafizul (Alhakimiah) di posisi dua dan tiga, Payungan Lubis dan Moni Anggriyani (SMK Kesehatan Baruna) di posisi harapan I dan II.