SAMOSIR - Meski sudah diperintah langsung oleh Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon supaya seluruh perangkat SKPD Kabupaten Samosir harus memacu kinerjanya dalam meningkatkan serapan anggaran, namun kenyataanya di Sekretariat Pemkab Samosir, anggaran yang sudah diplot dan pekerjaan yang sudah direncanakan tidak lagi dikerjakan atau gagal total. Informasi yang dihimpun Gosumut, Rabu (23/11/2016), anggaran pembuatan Advertorial yang setiap tahunnya telah menjadi agenda rutin Pemkab Samosir dan diplot di Bagian Humas Pemkab Samosir kini tinggal kenangan. Pasalnya, bagian Humas disinyalir tidak sanggup mengerjakannya, walau sang bupati sudah meminta supaya dikerjakan.

Bahkan belum lama ini, dihadapan puluhan wartawan, Asisten I Pemerintahan, Mangihut Sinaga dan Kepala Bagian Humas serta dihadapan Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata, Rapidin dengan tegas supaya pembuatan Advertorial dilaksanakan "Saya meminta semua perangkat SKPD bekerja lebih keras terlebih meningkatkan kerja menyerap anggaran," katanya.

Rapidin menilai, serapan anggaran masih sangat rendah, sehingga semuanya harus meningkatkan kinerjanya. Untuk berbagai kegiatan tekhusus di Sekretariat Pemkab Samosir supaya harus segera dilaksanakan dan segera dilakukan yakni, pembuatan Advertorial. "Advetorial itu segera kerjakan ya, langsung dieksekusi," tegasnya dan dianggukan Kepala Bagian Humas, Lemen Manurung.

Akan tetapi, hingga akhir November, perintah Bupati Samosir sepertinya tidak digubris, padahal anggaran pembuatan adventorial tersedia sebanyak Rp 600 juta dari APBD TA 2016.

Sementara itu, Kabag Humas Lemen Manurung saat dikonfirmasi menyatakan, anggaran tersebut sudah didrob atau dialihkan ke kegiatan lain.

Diakui Lemen, pihaknya tidak bisa menemukan formula yang tepat, padahal setiap tahunnya dianggarkan dan perencanaan demi perencanaan sudah dilaksanakan di Bagian Humas Pemkab Samosir. "Sudah didrop, karena kami tidak bisa menemukan formulanya," jawabnya enteng.

Beberapa wartawan yang mengetahui tidak dilaksanakannya kegiatan pembuatan Advertorial mengaku kecewa. Padahal, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon sangat ingin semua kegiatan yang sudah direncanakan dilaksanakan, namun para anak buahnya tidak bisa melaksanakan dan seolah tidak tunduk pada pimpinannya.

"Bupati sangat ini semua pekerjaan dilaksanakan dengan cepat dan baik, terlebih kegiatan pembuatan Adevertorial akan tetapi kegiatan ini gagal total," ujar Sitanggang salah satu wartawan terbitan Kota Medan.