PADANG LAWAS -Bupati Padang Lawas (Palas), Ali Sutan Harahap sudah menganjurkan Dinas Pekerjaan Umum dan Pertembangan Energi Palas dan instansi terkait untuk menormalisasi setiap irigasi yang tersumbat akibat endapan lumpur. “Sudah kita perintahkan Dinas terkait untuk melakukan normalisasi irigasi, khususnya irigasi Bondar Saba Padang desa Hasahatan Jae itu,” ungkapnya kepada GoSumut Senin (21/11/2016) pukul 19.30 WIB menyikapi permohonan normalisasi irigasi persawahan desa Hasahatan Jae.

Dijelaskan, pihaknya sudah berbuat secepat mungkin untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat petani didalam pemenuhan irigasi. Kita tidak menginginkan akibat irigasi tersumbat maka masyarakat mengalihakan lahan pertaniannya menjadi lahan perkebunan,” sebutnya.

“Sudah menjadi kewajiban Pemkab Palas untuk menyikapi secara cepat dan tepat berbagai permasalahan masyarakat petani. Karena masyarakat yang menggantungkan kehidupannya dengan pertanian secara otomatis membutuhkan irigasi yang bagus dan memadai,”jelas Pria yang akrab disapa TSO itu.

Untuk itu TSO berpesan kepada seluruh masyarakat petani di Kabupaten Palas supaya tidak merasa terhambat dengan kendala irigasi yang tersumbat. Kalau ada irigasi yang tidak befungsi cepat laporkan supaya kita perbaiki dan dinormalisasikan,” tandasnya.

“Salah satu bukti nyata, kinerja pihak Pemkab Palas didalam normalisasi irigasi ataupun sungai dapat kita lihat disepanjang sungai gelanggang. Aliran sungai itu sudah kita normalisasi sehingga airnya bisa berjalan normal kembali,” jelasnya.

TSO menjelaskan, tujuan dari pihak Pemkab Palas untuk menormalisasi semua irigasi dan sungai yang tersumbat adalah untuk melancarkan aliran sungai, sehingga tidak mengakibatkan kebanjiran.

“Mengingat bulan ini kan di Kabupaten Palas tingkat curah hujannya cukup tinggi, sehingga diprediksikan kapasitas irigasi di sungai secara otomatis meningkat juga,” paparnya menutup.