PADANG LAWAS - Sebanyak empat puluh warga kurang mampu Kabupaten Padang Lawas menjalani operasi katarak di Rumah Sakit Umum Sibuhuan, Jumat (18/11/2016). Kepala Dinas Kesehatan Palas Leli Ramayulis SKM kepada GoSumut menyatakan pelaksanaan operasi katarak merupakan kegiatan bhakti sosial yang bertujuan untuk meminimalisir angka kebutaan di Kabupaten Palas.

MengenI alur pelayanan operasi katarak, ujarnya, dimulai dari informasi puskesmas ke masyarakat, selanjutnya pihak puskesmas mendata warga yang menderita penyakit katarak.

"Kemudian warga yang didata puskesmas membawa rekomendasi hasil screening untuk didaftarkan sebagai calon peserta operasi katarak. Pihak panitia kesehatan akan melakukan observasi akhir meliputi vital sign dan laboratorium apakah si pasien layak untuk dilanjutkan operasi katarak," jelasnya.

"Operasi katarak ini akan kita tingkatkan untuk tahun depan dengan mengusulkan anggaran untuk 320 mata penderita penyakit katarak bagi masyarakat Palas," timpalnya. Bupati Palas H Ali Sutan Harahap mengatakan penyakit katarak meupakan proses penuaan yang berlangsung alamiah, menyebabkan perubahan anatomi, dan kemunduran biologis sehingga penglihatan kabur salah satunya disebabkan oleh katarak. “Keluarga pasien katarak diminta membantu dan merawat pasien yang telah dioperasi. Karena kana terjadi psikosis pasca operasi akibat gangguan metabolisme dan reaksi emosional terhadap tindakan operasi,” sebut pria yang akrab disapa TSO itu.