KISARAN - Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang menyerahkan 10 unit mobil Puskesmas Keliling kepada 10 kepala puskemas se-Asahan, Jumat (18/11/2016), di halaman Kantor Bupati Asahan pada acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 Tahun 2016. Di hadapan kepala puskesmas, Bupati meminta agar seluruh petugas kesehatan dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya minta jangan ada lagi terdengar masyarakat mengalami persoalan kesehatan, pelayanan harus terus ditingkatkan,” tegas Taufan.

Dengan adanya mobil ambulance di setiap puskemas, Taufan berharap pelayanan kesehatan bisa lebih mudah diterima masyarakat. “Mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan tentang kesehatan,” pinta Taufan.

Sebelumnya, Taufan membacakan amanat menteri Kesehatan RI, dr Nila Farid Moeloek yang mengatakan HKN yang bertema Indonesia Cinta Sehat dilakukan adalah untuk membangkitkan kembali pesan pesan kesehatan, menjaga kesehatan, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia Kuat. Dan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, menteri kesehatan meminta masyarakat melakukan gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari keluarga.

Karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian. Artinya dengan keluarga sehat dapat dengan mudah menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Mari bekerja sama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang dilakukan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ajak Bupati Asahan. Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Asahan dr Aris Yudhariansyah dalam laporannya mengatakan, adapun puskemas yang menerima Mobil Puskesmas Keliling tersebut antara lain Puskemas Sidodadi, Binjai Serbangan, Perapat Janji, BP Mandoge, Aek Loba, Bagan Asahan, Aek Ledong, Mutiara, Sei Kepayang dan puskemas Aek Songsongan.

“Bantuan mobil Puskesmas Keliling ini berasal dari dana alokasi khusus tahun 2016,” tutur Aris seraya mengatakan kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pembacaan deklarasi menuju Kabupaten Asahan sehat tahun 2018 dan pembacaan oleh pihak pramuka tentang pernyataan gerakan bersama pramuka pemantau jentik-jentik.