PADANG LAWAS - Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap mengatakan PKK dituntut berperan aktif mendukung pendayagunaan potensi masyarakat didalam peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Demikian sambutan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap saat kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 dan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) yang dilaksanakan di desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Rabu (16/11/2016).

Dikatakan, PKK dapat berkontribusi dalam melakukan perubahan pada masyarakat kearah yang lebih baik. PKK sebagai suatu gerakan dari, oleh untuk masyarakat diharapkan membantu masyarakat dan sekaligus menjadi pilar keluarga dalam peningkatan kesejahteraan.

“Keberhasilan PKK dalam rangka pelaksanaan 10 program pokok PKK melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan khususnya yang berkaitan dengan keluarga,” terang pria yang akrab disapa TSO itu.

Dijelaskan, peringatan BBGRM ke 13 tahun 2016 mengacu pada pasal 10 peraturan Mendagri nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan bulan bhakti gotong-royong masyarakat, meliputi kegiatan gotong royong di bidang kemasyarakatan, di bidang ekonomi. Di bidang sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan hidup.

“Jiwa gotong royong itu sendiri merupakan salah satu dari 10 program PKK yang ingin dibangun oleh PKK, melalui pembinaan yang terus menerus mulai dari pusat sampai ke desa/ kelurahan. Itulah sebabnya muncul kebijakan pemerintahan pusat untuk menyatukan peringatan BBGRM dan HGK,” jelasnya.

Dijelaskan, pelaksanaan BBGRM merupakan momentum dalam rangka menghidupkan nilai-nilai gotong royong yang telah melekat pada diri masyarakat semenjak nenek moyang kita dan secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi.

“Dalam kehidupan keluarga, sifat gotong royong juga tercermin dari rasa saling asah, saling asih dan saling asuh diantara anggota keluarga yang merupakan implementasi fungsi-fungsi keluarga,” paparnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Palas Ny Yusra Ali Sutan Harahap mengatakan dengan BBGRM dan hari kesatuan gerak PKK, mari kita tingkatkan semangat perayaan dan kesatuan serta partisipasi masyarakat menuju kemandirian bangsa.

“Upaya yang dilakukan oleh Tim penggerak PKK bersama lintas SKPD terkait,  harus dilakukan secara berkesinambungan, untuk terwujudnya kehidupan yang lebih maju,  bahagia sehat dan sejahtera,” jelasnya.

Dikatakan lagi, melalui BBGRM ke XIII dan HKG ke 44 kita daya gunakan peran lembaga kemasyarakatan desa,  sebagai mitra  pemerintah desa,  kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian, serta peran aktif masyarakat,  berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju pada penguatan integrasi sosial,  pelaksanaan pembangunan dan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Mari kita berdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga agar dapat lebih meningkatkan perannya dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat,” paparnya menutup.

Pantauan GoSumut, rangkaian kegitan HKG PKK ke 44 dan BBGRM diwarnai dengan pemukulan gong, kemudian pemberian perlengkapan alat gotong royong yang meliputi cangkul, hangkong, dan pompa solo.

Kemudian dilanjutkan dengan penilaian sajian masakan tradisional yang sudah dipersiapkan seluruh kecamatan se-Kabupaten Palas.