MEDAN - Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dan minat kewirausahaan dikalangan pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan enterpreneurship. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Baharuddin Siagian mengungkapkan, kegiatan yang sudah dimulai sejak (14/11/2016) lalu, akan terus dilakukan hingga 25 hari kedepan. Dimana tujuan utama untuk mengembangkan pembangunan kepemudaan berbasis peningkatan enterpreneurship. Sehingga pemuda tidak lagi memiliki impian menjadi pegawai atau karyawan.

"Terlebih setahun terakhir ini, pasar bebas sudah berjalan. Untuk bisa bersaing di era global saat ini,  pemuda seharusnya sudah mempersiapkan diri baik skill maupun mentalnya. Sehingga tidak tertinggal dengan bangsalain," ujarnya saat membuka pelatihan entrepreneurship, Selasa (15/11/2016).

Dia menambahkan, langkah ini juga untuk mengejar persentase kewirausahaan yang masih dibawah 2 persen. Karena untuk mencapai kemakmuran enterpreneur minimal 2 persen. "Ya intinya memotivasi pemuda untuk menjadi seorangwirausaha," tutupnya.

Sekedar informasi, kegiatan yang digelar ini menghadirkan sejumlah pembicara seperti Ketua DPP FKP Sumut, Alween Ong, Ketua DPW FKP Sumut, Siti Maimunah, Marzuki, owner Maidanii Pancake Durian.

Untuk hari kedua, membahas tema tentang pentingnya jiwa kepemimpan bagi seorang enterpreneur. Baik Alween maupun Siti menyebutkan seorang wirausaha, harus memiliki jiwa kepemimpinan.