MEDAN - Penanaman nilai-nilai keagamaan terbukti mampu menjadikan generasi muda Kecamatan Delitua yang beriman dan memiliki intelektual tinggi untuk memajukan Kabupaten Deliserdang, terlebih Kecamatan Delitua. Sehingga Kecamatan ini lebih maju, memiliki daya saing yang sehat.  "Saya harapkan masyarakatnya yang religius menjunjung tinggi norma-norma agama serta bersatu dalam kebhinekaan," kata Camat Delitua Kurnia Boloni Sinaga usai acara peletakan batu pertama pembangunan Madrasah dan Surau Mifa di Jalan Roso, Gang Roso Indah, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Minggu (13/11/2016).

Kata dia, pembangunan yang dilakukan itu sesuai dengan visi dan misi Bupati Deliserdang Azhari Tambunan, menjadikan masyarakat yang beriman.

Mengingat Kabupaten Deli Serdang khususnya Delitua dihuni berbagai etnis suku bangsa dan agama yang selama ini hidup rukun dan damai serta saling toleransi.

Camat menambahkan, sangat penting pendidikan agama ditanamkan sejak dini agar nantinya mereka bisa menjadi generasi yang handal dan beriman.

"Jadi, pembangunan Madrasah dan Surau untuk meningkatkan pengajian bisa memberikan pencerahan kepada umat dan elemen Islam yang ada di Delitua," jelasnya.

Camat Delitua juga melihat dengan pembangunan itu bisa membentengi diri generasi muda yang ada di Kecamatan Delitua menjauhi konflik sosial dan memerangi narkoba. "Saya inginkan Kecamatan Delitua menjadi relegius," paparnya.

Selain itu, Camat Delitua sangat bangga kepada pengurus panitia pembangunan Madrasah dan Surau Mifa yang kompak dan peduli meningkatkan kualitas iman di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Madrasah dan Surau Mifa Irwansyah mengatakan, pembangunan yang dihadiri unsur Muspika Kecamatan Delitua ini dilakukan selama enam bulan dengan biaya Rp450 juta.

"Tanpa adanya dukungan dari Jama'ah, pembangunan Madrasah dan Surau tidak akan berjalan dengan baik," imbuhnya.

Untuk itu, tambahnya, pembangunan Madrasah sangat banyak manfaatnya yang bisa menjauhkan generasi muda dari narkoba dan tindakan kriminalitas lainnya.

Senada dengan itu, Dewan Pelindung Mifa Arif Rahmansyah Marbun menambahkan, ia sangat bangga melihat kemauan masyarakat yang ada di Jalan Roso Gang Roso Indah memilik Madrasah yang megah bisa memberikan edukasi kepada generasi muda.

"Madrasah yang sudah dibangun in harus menjadi tempatnya menimba ilmu keagaaman untuk masyarakat Kecamatan Delitua," tukasnya.

Pantauan di lokasi, selain tamu dan para undangan, tampak hadir dalam acara pembangunan Madrasah dan Surau Mifa tersebut Dewan Pembina Mifa Prabu Kresno Erde SKom, Dewan Pengurus Mifa Sudirman, Ketua BPRMI Kecamatan Delitua, Ketua Karang Taruna Kecamatan Delitua, serta Danramil Delitua.