MEDAN-Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Jl Sisingamangaraja Medan, Kamis (10/11/2016), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menegaskan bahwa perjuangan kita saat ini tidak lagi mengangkat senjata melawan musuh atau penjajah, tapi melawan  kebodohan, kemiskinan dan narkoba.

“Perjuangan kita saat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mari kita tingkatkan kualitas SDM yang ada,” katanya.

Kebodohan akan menjadikan bangsa kita mudah disusupi hal-hal negatif yang bisa merusak masa depan bangsa. Diantara masyarakat,  kata Erry kita dipecah belah sehingga akhirnya bangsa lain mengambil keuntungan.

Bukan hanya perjuangan melawan kebodohan, tidak kalah pentingnya yang harus dihadapi saat ini adalah melawan penyakit masyarakat terutama penyalahgunaan narkoba.

"Untuk itu, generasi muda sebagai penerus bangsa harus melawan dan menjauhi narkoba. Perjuangan para pahlawan yang sudah bertarung nyawa untuk meraih kemerdekaan dan meletakkan pondasi kemerdekaan dengan menyukseskan pembangunan harus diteruskan demi untuk kesejahteraan masyarakat," tandas Erry.

Peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum untuk merefleksi diri guna meningkatkan prestasi dan peranan kita bagi seluruh masyarakat dan bangsa.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa pahlawan, karena tanpa pahlawan kita tidak bisa merasakan kemerdekaan," kata Erry.

Masyarakat Sumatera Utara dan generasi muda  dapat meneladani pengorbanan para pahlawan. Hal ini dilakukan sebagai tonggak untuk pembangunan Sumatera Utara ke depan.

Peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri Kajatisu Bambang Sugeng Rukmono, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut C Sutiarso, Wakapoldasu Brigjen Pol Adhi Prawoto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Akhyar Nasution, Konsul Kehormatan Turki  Rahmatshah, mewakili Pangdam I/BB, serta sejumlah Muspida dan FKPD Provinsi Sumatera Utara unsur  SKPD, ormas, OKP, pelajar, veteran, prajurit TNI dan Polri dan undangan.

Pada kesempatan itu, Erry Nuradi dan pejabat lainnya melakukan tabur bunga di pusara makam diantaranya mantan Gubsu H Raja Inal Siregar. Selanjutnya Gubsu berziarah ke makam mantan Gubernur Sumut, Alm H T Rizal Nurdin di Kompleks Pemakaman Mesjid Raya.