SAMOSIR - Beberapa Fraksi di DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan pendapatnya dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir  Pembahasan dan Persetujuan Bersama Atas Ranperda Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Samosir, Selasa (8/11/2016) di Gedung DPRD Samosir.

Fraksi Kebangkitan Nasional lewat juru bicaranya, Viktor Simbolon yang  menyarankan agar penyuluh pertanian lapangan  (PPL) yang dikepalai oleh koordinator supaya digabungkan ke bidang yang sesuai ilmu pendidikannya karena PPL ada ilmu pengetahuannya di bidang peternakan, holtikultura, perkebunan dan perikanan.

Sementara Ketua Fraksi Nasdem  Sarhochel Martopolo Tamba mengatakan, terbentuknya organisasi perangkat daerah yang baru, merupakan momentum bagi Pemkab Samosir untuk melakukan restrukturisasi organisasi perangkat daerah sehingga dapat lebih maksimal dalam melayani kepentingan masyarakat.

Selain itu, Fraksi Nasdem mendukung Dinas pendapatan, keuangan dan aset daerah dipisah menjadi dua yaitu Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Daerah dan Badan Pendapatan dan Pengelolaan Pasar.

Ini untuk memaksimalkan kinerja pejabat yang mengelola keuangan dan pendapatan asli daerah.

Sebelumnya, Wakil Bupati Samosir menyampaikan nota pengantar Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Melalui upaya restrukturisasi kelembagaan perangkat daerah sebagaimana dimaksud pada PP No 18/2016 tentang perangkat daerah. Bahwa pembentukan dan susunan perangkat daerah ditetapkan menjadi Perda.

Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata selanjutnya menskors rapat  paripurna untuk dilanjutkan, untuk mendengar nota jawaban Bupati Samosir.