JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya keluar dari Mabes Polri sekitar pukul 17.00. Ia menjalani pemeriksaan selama 9 jam oleh penyidik.

Juru bicara tim pemenangan Ahok, Ruhut Sitompul, mengatakan pemeriksaan telah berlangsung lancar dengan 18 pertanyaan dilontarkan penyidik kepada Ahok sehingga total ada 40 pertanyaan yang disampaikan penyidik terhitung dari pemeriksaan pertama pada 24 Oktober lalu. “Ini adalah pemeriksaan lanjutan,” kata Ruhut di Mabes Polri, Senin, 7 November 2016.

Sementara itu, Ahok tak banyak berkomentar ihwal pemeriksaannya saat ini. Ia mengatakan semua sudah dijelaskan oleh tim pengacara yang telah menyampaikan kepada media seusai pemeriksaan. “Saya sudah mau pulang, sudah lapar ini,” kata Ahok. Ia pun meminta wartawan untuk bertanya kepada penyidik.

Juru bicara Mabes Polri, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan bahwa pemeriksaan Ahok untuk sementara sudah selesai. Pihaknya belum akan memeriksa kembali Ahok sebelum dilakukan gelar perkara.

Rikwanto mengatakan gelar perkara terhadap dugaan penistaan agama akan dilakukan pekan depan. Kepolisian tengah menyusun secara lengkap perihal apa saja yang dibutuhkan dalam gelar perkara. Ia memastikan bahwa gelar perkara akan berlangsung secara terbuka.

Puluhan wartawan memburu Ahok setelah konferensi pers. Namun Ahok segera masuk ke mobil Toyota Innova silver. Kasus dugaan penistaan agama ini masih dalam tahap penyelidikan. Kepolisian pun tengah berfokus pekan ini untuk memeriksa beberapa saksi dan ahli. ***