MEDAN -Univeristas Prima Indonesia (UNPRI) Medan genap berusia 15 tahun, Rabu, (2/11/2016). Meskipun masih terbilang masih muda untuk ukuran perguruan tinggi swasta, UNPRI terus berkembang untuk menjadi salah satu universitas terbaik di Sumatera Utara (Sumut). UNPRI memiliki 10 fakultas dengan 22 program studi. Saat ini UNPRI memiliki 10 orang Guru Besar tetap (Profesor) dan dosen berkualifikasi S3, S2, spesialis dengan nilai akreditasi 80 persen prodinya bernilai B. Bahkan pada tahun 2017 nanti, UNPRI akan mengembangkan 10 program studi pasca sarjana.

Di usianya yang ke- 15 tahun, UNPRI memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumut T Erry Nuradi. Ia dinobatkan sebagai tokoh peduli pendidikan dan dosen kehormatan sekolah pascasarjana Universitas Prima Indonesia (UNPRI). Selain Gubsu, ada juga tokoh penerima penghargaan UNPRI Award 2016, yaitu Dandim 0201/BS Kol Inf. Maulana Ridwan, Kapolrestabes Medan, dan Kepala BPJS Kesehatan Sumut.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Pendiri UNPRI dr. I Nyoman Ehrich Lister, pada Dies Natalis UNPRI ke- 15 tahun beberapa waktu lalu. Sedangkan SK pengangkatan Dosen u Sekolah Pascasarjana UNPRI diserahkan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Azharudin, SH, MKn kepada Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi.

Hadir dalam acara itu Kepala Pusdiklat Mahkamah Agung Prof Basuki Rekso W, MS, Hakim Tinggi PT Medan Dr Lilik Mulyadi, anggota DPRD Sumut Brilian Moktar, Ketua PN Lubukpakam Henry Tarigan SH, Mhum, Koordinator Kopertis Wilayah 1 Sumut Prof Dian Armanto, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard, Rektor Unpri Prof Dr Jacobus Tarigan, Penasehat UNPRI Prof Sanwani Nasution, RE Nainggolan, dan dr. Sofyan Wijaya, Kapolsek Medan Baru Kompol Ronni Bonic, para guru besar, dekan, dosen dan ribuan mahasiswa UNPRI Medan.

Gubernur Sumut T Erry menilai, UNPRI merupakan salah satu universitas terbaik di Sumut, dan terus berkembang menjadi kebanggaan masyarakat Sumut dengan melahirkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing.

"Kiprah Unpri selama 15 tahun mencerdaskan masyarakat Sumut perlu terus dikembangkan, untuk mendukung daya saing bangsa terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN," kata Erry.

Pemberian penghargaan dan pengangkatan Dosen Kehormatan Pascasarjana UNPRI merupakan suatu penghormatan yang diberikan UNPRI. "Saya berharap bersama dengan UNPRI bisa memajukan dunia pendidikan di Sumut. Saya bangga dengan UNPRI karena banyak mendukung pendidikan di Sumut," ujar Erry.

Koordinator Kopertis Wilayah 1 Sumut Prof. Dian Armanto memberikan penghargaan kepada UNPRI yang telah menyelenggarakan perkuliahan dan tata kelola perguruan tinggi yang baik. "Mari sama-sama kita dukung. Ini pertanda baik, dan kerjasama kita yang baik kita bangun lebih baik ke depan," pungkasnya.