SAMOSIR - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mencopot dua pejabat di Dinas PU Samosir, antara lain Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah  (KUPTD) Alat Berat Pekerjaan Umum Kabupaten Samosir, Jonson Simbolon dan Kepala Seksi Alat Berat, Ronatal Sinaga, Selasa (1/11/2016) kemarin sore. Informasi yang dihimpun Gosumut, Rabu (2/11/2016), sebagai pengganti sementara, Bupati menunjuk Sudion Tamba sebagai Kabag Pembangunan Setdakab Samosir, dan Robinhoot Sitanggang sebagai Kepala Seksi Alat Berat.

Pencopotan Jonson Simbolon dari jabatannya, disinyalir akibat beredarnya selentingan kabar di tengah masyarakat yang menyatakan alat berat milik Pemkab Samosir sering disewakan dengan tarif cukup mahal, dan uangnya masuk ke kantong pribadi pejabat di UPTD itu.

Namun, kabar itu dibantah oleh mantan Kepala Seksi Alat Berat yang juga dicopot, Ronatal Sinaga.

Bahkan, Ronal memilih pasrah dan tegas membantah tudingan masyarakat yang memperkaya diri sendiri dengan cara menyewakan alat berat kepada masyarakat.

"Saya memilih pasrah dan tidak bisa berbuat apa apa, karena belum tahu sebab akibat langsung dinonjobkan," katanya.

Sementara itu, Simatupang salah seorang pegiat media di Samosir, menyampaikan, keputusan bupati itu sangat tepat, dan apabila diperlukan bupati harus secepatnya mengevaluasi kinerja Dinas PU Samosir terlebih kepala dinasnya.

"Saya pikir sudah tepat, sehingga di bawah kepemimpinan Rapidin berlahan lahan satu persatu pejabat yang tidak bisa bekerja diturunkan dan kita berharap para pejabat harus bekerja lebih keras lagi," katanya.