LANGSA – Memasuki tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2017, situasi keamanan di Kota Langsa masih kondusif. Situasi seperti ini akan terus dijaga hingga selesai pelaksanaan pilkada.

“Jika kita melihat kondisi di lapangan, maka situasi pilkada di Kota Langsa hampir sama kondusifnya dengan Pilkada 2012," ungkap Kapolres Langsa, AKBP Iskandar ZA, kepada GoAceh, Senin (31/10/2016).

Baca: Lima Calon Wali Kota Langsa Deklarasikan Pilkada Damai

Namun, kata Kapolres, pihaknya akan mewaspadai pada masa tenang, dan untuk pengamanan pada masa tenang itu akan difokuskan pada tiga kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur, yang masuk wilayah hukum Polres Langsa yakni Kecamatan Birem Bayeun, Rantau Seulamat dan Sungai Raya.

Baca:  Jangan Lakukan Kampanye Hitam pada Pilkada 2017

Untuk pola pengamanannya, maka akan kita gunakan seperti Pilkada 2012, namun pada Pilkada 2017 akan lebih kita tingkatkan lagi. "Pada tahun 2012, kebetulan saya sebagai Waka Polres Langsa, jadi cara-cara pengamanan pada waktu itu akan kita gunakan di Pilkada 2017," ujarnya.

Baca:  Dana tak Cukup, ‎Pilkada Kota Langsa Terancam Gagal

Ia menjelaskan, untuk menjaga agar pelaksanaan Pilkada 2017 berjalan aman dan lancar, maka sejak beberapa bulan yang lalu atau sekitar sejak bulan puasa Ramadan tepatnya pada saat-saat salat Tarawih  telah diimbau dengan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga agar pelaksanaan pilkada berlangsung aman.

Baca: Satpol PP Langsa: Kami Siap Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Bahkan sampai saat ini, katanya, melalui program Jumat keliling ke gampong-gampong dalam wilayah hukum Polres Langsa, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk mensukseskan pilkada. Selain itu, setiap polsek mulai pukul 24.00 WIB, melakukan patroli hingga pagi hari untuk menjaga kamtibmas.

"Patroli yang dilakukan oleh masing-masing polsek sudah berjalan sejak dua bulan yang lalu. Namun, sebelum menjelang pilkada pun kegiatan ini tetap kita lakukan, hanya saja saat ini lebih kita tingkatkan dan lebih khusus," jelasnya lagi.

Melalui spanduk dan media massa, pihaknya juga telah mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan menjaga kamtibmas. “Bahkan nomor telepon pribadi saya juga telah disebar kepada masyarakat, dengan maksud untuk memudahkan masyarakat memberikan informasi apabila ada tindakan-tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu,” katanya.

Untuk itu, Ia kembali mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat serta pihak-pihak terkait untuk bersama-sama menjaga agar pelaksanaan Pilkada 2017 di Kota Langsa berjalan lancar, aman dan damai.