MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Erry Nuradi berharap atlet-atlet pondok pesantren Sumut yang akan bertarung di arena Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII di Provinsi Banten dapat mengejar prestasi terbaik. “Harapan kita atlet Pospenas Sumut bisa masuk 5 besar. Saya yakin dan percaya Sumut dapat menaikkan peringkat yang lebih baik,” kata Erry saat melepas kontingen Sumut di Gubernuran Jl. Jenderal Sudirman Medan, Rabu (19/10/2-16).

Erry mengaku bangga keikutsertaan para santri di acara Pospenas VII, karena event olahraga dan seni bagi santri sebagai tolak ukur dan evaluasi keberhasilan pembinaan olahraga dan seni.

Tahun lalu pada Pospenas VI di Provinsi Gorontalo, kata Erry Sumut berada diperingkat ke 7 dengan perolehan 4 medali emas, 7 perak dan 3 perunggu. "Saya harapkan kepada seluruh atlet yang terpilih membawa nama Sumut pada event ini untuk bekerja keras dan mempersiapkan diri, meningkatkan disiplin dan mental bertanding yang baik," tandas Erry.

Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin memberi dukungan dan doa kepada para atlet yang merupakan para santri dan santria, untuk bertarung dan meraih keberhasilan di Pospenas VII di Banten. Pospenas Banten dimulai tanggal 21 sampai 28 Oktober, bertepatan dengan perayaan Hari Santri ke II yang di canangkan Presiden RI Joko Widodo pada tahun lalu.

"Untuk tahun ini Hari Santri sudah tahun ke 2 yang ditetapkan setiap tanggal 21 Oktober merupakan hari Santri Nasional," pungkas Tohar.

Sementara ketua kontigen Pospenas Sumut M Nasution menyebut jumlah atlet yang akan berangkat sekitar 165 orang 67 bidang  atletik, diantaranya basket, 10 orang atlet, voli 10 orang, atletik 13 orang, futsal 10 orang, tenis meja 10 orang, pencak silat 14 orang, senam 16 orang. Ditambah lagi pekan seni 50 orang atlet diantaranya pidato , kaligrafi seni musik islami, kaligrafi, seni musik islam dan lainnya.