PADANG LAWAS -Guna memperkuat ekonomi kerakyatan di pedesaan dan kecamatan, Badan Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyelenggarakan pelatihan kerajinan tangan membuat tas kepada masyarakat. Sekertaris BPMPD Palas, Sainal didampingi Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Sulaiman menyatakan, pelatihan ini juga untuk mendorong pembangunan ekonomi masyarakat desa melalui penciptaan iklim permodalan yang kondusif di pedesaan.

“Pelatihan ini untuk mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam kerajinan tangan kelompok pemberdayaan masyarakat di pedesaan, sekaligus memperkuat ekonomi kerakyatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Palas,” ungkapnya kepada GoSumut, Kamis (13/10/2016).

Hasil yang diharapkan, kata Sainal dan Sulaiman, untuk memperkuat ekonomi masyarakat agar lebih baik, dari sisi permodalan maupun keahlian. "Bertambahnya keahlian masyarakat serta terampil dalam bekerja, sehingga dapat menopang ekonomi keluarga," jelasnya.

Untuk pelatih dalam kegiatan ini, katanya, berasal dari pengusaha sepatu dan tas dari Medan yang telah memberikan panduan pelatihan kepada 50 orang peserta, dengan sistem pemaparan materi dan praktek langsung di dalam ruangan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, tolak ukur keberhasilan dari kegiatan ini adalah peserta mendapat keahlian dan pengetahuan yang membantu dalam memenuhi kehidupan serta kebutuhan ekonominya dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung program Pemda.

“Dan melalui pelatihan ini dapat menciptakan iklim permodalan yang kondusif di pedesaan dan mendorong terbangunnya ekonomi masyarakat desa,” ungkapnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Bayo Harahap warga Kecamatan Lubuk Barumun mengaku senang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Sebab, pelatihan ini sangat bermanfaat. "Selain menambah wawasan dan keilmuan, saya juga mendapatkan keahlian dalam membuat tas," tandasnya.