PADANG LAWAS -Sebelas calon duta wisata Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang berasal dari siswa SMA sederajat dan mahasiswa diseleksi. Proses seleksi berlangsung di Aula Gedung Nasional Sibuhuan, Kamis (13/10/2016), tak lain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sekretaris Dispora Palas, Partaonan Rukun didampingi Kabid Pariwisata Alimin Daulay mengatakan, duta wisata ini sebagai patner resmi daerah untuk mempromosikan objek wisata dan kebudayaan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Duta wisata juga sebagai ikon daya tarik wisatawan dalam memeperkenalkan objek wisata yang ada, dan memicu potensi seni budaya sebagai cerminan keanekaragaman kultur budaya daerah yang dimiliki,” ujar Partaonan kepada GoSumut.

Selain itu, hadirnya duta wisata di suatu daerah, tentunya juga bertujuan untuk meningkatkan gairah dan kreativitas masyarakat dalam menjaga dan melestarikan keindahan alamnya, baik keanekaragaman flora, maupun fauna di wilayah Kabupaten Palas.

Seleksi duta wisata Kabupaten Palas itu sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, dan Keputusan Bupati Palas Nomor 556/379/KPTS/2016 tentang pembentukan panitia pelaksanan kegiatan pemilihan duta wisata tingkat Kabupaten Palas tahun 2016.

“Kriteria duta wisata itu merupakan penunjukan duta wisata yang mewakili kecamatan sepenuhnya menjadi wewenang kecamatan, usia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun yang belum pernah menikah,” ujarnya.

Selain itu, kata Partaonan, calon duta wisata juga harus memiliki tinggi badan putra 170 cm dan putri minimal 160 cm, mempunyai kemampuan dibidang bahsa Inggris atau bahasa asing lainnya, dan menguasai salah satu bidang kesenian daerah masing-masing baik tari dan lagu daerah, maupun olahraga yang bersifat kedaerahan yang bisa ditampilkan diatas panggung secara berpasangan.

“Dewan juri berasal dari pakar akademisi pariwisata, pakar kepribadian, dan praktisi pariwisata masing-masing Alianda Lubis, Tantri dari Dispora Padangsidempuan, dan Tagor Mulia dari Dispora Padangsidempuan,” terangnya.

Secara terpisah, dewan Juri Alianda mengatakan, peserta seleksi duta wisata Kabupaten Palas tahun ini penampilannya jauh lebih bagus dan menarik bila dibanding dengan tahun sebelumnya. Sebabnya, di tahun ini peserta ada juga dari kalangan mahasiswa.

“Setiap calon duta wisata akan dinilai dari kepribadian, pengetahuan umum, dan pengetahuan budaya yang dimiliki peserta, baik yang ditampilkan, begitu juga sewaktu tanya jawab dengan dewan juri,” singkatnya.