PADANG LAWAS -Persatuan Naposo dan Nauli Bulung (PNNB) desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) memperingati tahun baru islam 1438 Hijriyah, Selasa (11/10/2016) pukul 20.30 WIB. Pantauan GoSumut, peringatan tahun baru islam yang disponsori PNNB desa Hasahatan Jae itu, merupakan kegiatan yang pertama sekali dilaksanakan di Kabupaten Palas pada tahun 2016.

Sebelum acara puncak peringatan tahun baru islam, di pagi sampai sore hari Selasa (11/10/2016), PNNB Desa Hasahatan Jae juga secara bersama-sama telah memasak bubur asyuro sebagai bentuk peringatan 10 Muharram.

Kegiatan peringatan tahun baru islam itu dimulai dari kata sambutan dari Ketua PNNB desa Hasahatan Jae Abdul Hakim Hsb, tokoh masyarakat Zainuddin, ketua BPD Supriadi Hsb, dan sambutan Kepala Desa Hasahatan Jae diwakili perangkatnya Irsadur Ripai Hsb.

Menunggu penyampaian tausiyah dari Al-Ustaz Mahmud dari Pasar Latong, terlebih dahulu ditampilkan grup nasyid Naposo Bulung dengan mengalunkan 2 lantunan lagu islami.

Ketua PNNB desa Hasahatan Jae Abdul Hakim Hsb mengatakan peringatan tahun baru islam itu bertujuan untuk meningkatkan silaturrahim antara naposo dan nauli bulung dengan seluruh aparat pemerintah desa dan tokoh masyarakat desa hasahatan jae.

"Kami memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat desa Hasahatan Jae, apabila terdapat kekurangan baik pelayanan, begitu juga dengan penyajian kegiatan yang kurang maksimal," ungkapnya.

PNNB desa Hasahatan Jae kata Hakim menyadari pelaksanaan peringatan tahun baru islam ini baru yang pertama sekali diselenggarakan, sudah barang tentu tidak lepas dari kekurangan dipelaksanaannya. Untuk itu kedepan, kami meminta masukan dari seluruh masyarakat desa Hasahatan Jae untuk perbaikan pelaksanaan ditahun yangbakan datang.

Sambutan Tokoh masyarakat Zainuddin, ketua BPD Supriadi Hsb, dan Kepala Desa Hasahatan Jae diwakili perangkatnya Irsadur Ripai Hsb mengucapkan terimakasih kepada PNNB desa Hasahatan Jae atas terselenggaranya peringatan tahun baru islam.

Mereka mengapresiasi dan mendukung kinerja PNNB desa Hasahatan Jae, karena ditengah kesibukannya sebagai pagar desa masih sempat meluangkan waktunya untuk memperluas syiar islam lewat peringatan tahun baru islam.

Mereka juga mengimbau, kiranya kegiatan itu tidak hanya dijadikan sebatas ceremonial saja, akan tetapi ambillah ilmu yang disampaikan oleh Al-ustaz Mahmud sebagai bekal meningkatkan jalinan kerjasama antara pengurus dan anggota PNNB desa Hasahatan Jae.