MEDAN - Untuk menciptakan kebersihan lingkungan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui unsur pemerintahan di kecamatan, kelurahan hingga lingkungan, melaksanakan kegiatan gotong-royong di wilayah kerjanya masing-masing. Saat ditemui usai gotong-royong di Kelurahan Kesawan, Camat Medan Barat, M Ridho Nasution menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan instruksi dari Walikota Medan HT Dzulmi Eldin dalam upaya Sabtu Bersih di kecamatan, kelurahan hingga lingkungan. "Jadi kita kalau setiap Sabtu (melakukan kegiatan gotong-royong). Bahkan kalau kita di Kecamatan Medan Barat, Selasa, Kamis, Sabtu, kita lakukan kegiatan gotong-royong. Mengingat kebersamaan yang kita timbulkan itu, bagaimana menggugah kembali masyarakat untuk sama-sama bergotong-royong. Sehingga, ini dapat menggugah kembali masyarakat seperti dulu untuk melakukan bersih-bersih di wilayahnya masing-masing," ujar Ridho, Sabtu (8/10/2016).

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan di seluruh kelurahan hingga lingkungan di bawah jajarannya dengan melibatkan seluruh masyarakat bersama aparatur pemerintahan kecamatan dan kelurahan.

Ridho menjelaskan, kegiatan gotong-royong ini dilakukan secara serentak dan dikoordinir lurah setempat. Adapun kegiatan Sabtu Bersih ini dilakukan di Kelurahan Kesawan tepatnya di Jalan Perdana, Kelurahan Silalas tepatnya di Jalan H Adam Malik, Kelurahan Brayan Kota tepatnya perlintasan rel kereta api Jalan Masjid dekat Fly Over , Kelurahan Sei Agul di Jalan Karya Rakyat, Kelurahan Glugur Kota di Jalan Yos Sudarso.

Sementara itu, kegiatan yang sama juga dilakukan di Kecamatan Medan Amplas seperti di Kelurahan Amplas tepatnya di Jalan Selambo, Kelurahan Sitirejo II Jalan Persatuan/Persamaan, Kelurahan Sitirejo III Jalan Selamat tepatnya di parit sulang saling. Kelurahan Harjo Sari I di Jalan Garu I Gang Jadi, Kelurahan Harjo Sari II di Jalan Dwikora I, Kelurahan Timbang Deli di bawah Fly Over Amplas, Kelurahan Bangun Mulia di Jalan Bendungan I.

Camat Medan Amplas, Zulfahri Ahmadi mengungkapkan, kegiatan gotong-royong ini bukan hanya merupakan tugas pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama. Makanya, pihaknya selalu mengajak warga untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan kota. "Selain Sabtu Bersih, setiap Jumat kita bersepeda keliling sembari membersihkan lingkungan yang kita lewati. Kita punya grup sepeda, namanya Amplas Genjot Dengkul. Ini kita lakukan setelah senam dan berkeliling naik sepeda. Gotong-royong sepeda namanya," ungkapnya.