MEDAN - Dinas Kesehatan Kota Medan menargetkan seluruh puskesmas di bawah naungannya akan diakreditasi paling lama tahun 2019 mendatang. Adapun tujuan akreditasi ini, agar pelayanan kesehatan di tingkat dasar dapat lebih maksimal. "Sebagai tahap awal, empat puskesmas dulu yang akan diakreditasi tahun ini sama tahun depan (2017). Sisanya menyusul," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Medan, Irma Suryani, Jumat (7/10/2016) di ruang kerjanya.

Dengan terakreditasinya seluruh puskesmas, pelayanan kesehatan yang diberikan ke masyarakat bisa lebih baik lagi dan sudah sesuai dengan standar yang diinginkan. "Jadi, inilah tujuan dari akreditasi itu, agar pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal dan terukur," jawabnya.

Di tempat terpisah, Kepala Puskesmas Teladan, dr Kuspuji mengakui, mereka sedang melakukan persiapan terhadap akreditasi itu. Hal yang dipersiapkan terdiri dari sarana dan prasarana seperti pelayanan kesehatan, termasuk gedung serta SDM-nya. "Untuk dokter umum sudah ada yang disediakan oleh Dinas Kesehatan. Tujuan akreditasi ini, salah satunya ialah untuk memenuhi standart kenyamanan bagi pasien," singkatnya.