MEDAN - Sebanyak 229 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari 469 CPNS gelombang III dan IV tahun 2016 mengikuti Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Prajabatan CPNS Golongan I, II dan III yang diangkat dari tenaga honorer K1/K2 di lingkungan Pemerintah Kota Medan. Diklat yang difasilitasi Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilakukan di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP), yang berada di Jalan Willem Iskandar Medan, pada Senin (18/7/2016).

“Sesuai dengan tuntutan nasional dan tantangan global untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, maka diperlukan sumber daya manusia aparatur yang memiliki integritas dan kompetensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan kota. Oleh karena itu, secara berkesinambungan kita perlu terus meningkatkan mutu, profesionalisme, sikap pengabdian, dan kesetiaan pada bangsa dan negara, semangat kesatuan dan persatuan, serta pengembangan wawasan sebagai aparatur sipil negara," kata Wali Kota Medan  H T Dzulmi Eldin S, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay, saat membuka diklat itu.

Sebagai tanda pembukaan diklat, Ikhwan Habibi didampingi Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kota Medan menyematkan tanda peserta diklat kepada dua orang peserta, yaitu Ferdinand Pelawi dan Dessy A Syahfitri dari Dinas Pendidikan serta memberikan ucapan selamat dengan bersalaman kepada seluruh peserta diklat.

Eldin berpesan kepada seluruh peserta diklat agar memahami kedudukannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), karena nantinya karir para CPNS tersebut akan dipengaruhi oleh integritas dan kompetensi dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Lebih lanjut dikatakannya, penyelenggaraan pelayanan publik merupakan prioritas pembangunan kota. Berbagai macam penggunaan teknologi guna mendukung pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan berkualitas bagi masyarakat telah banyak diterapkan di SKPD.

“Saya menghimbau kepada bapak/ibu sekalian sebagai calon ASN agar dapat meningkatkan kompetensi, dan kecekatan dalam penggunaan teknologi, selalu mengupdate informasi terbaru agar dapat bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan sesuai dengan harapan masyarakat,” himbau Eldin.

Selain itu Edin juga mengaharapkan agar saling bekerjasama dan saling mendukung dengan jiwa korps PNS yang kokoh menjadikan Medan sebagai rumah sendiri, dengan satu tujuan yaitu mewujudkan Medan sebagai kota masa depan yang multikultur, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

“Hilangkan berbagai ego sektoral apalagi ego pribadi. Tingkatkan terus pengetahuan, keahlian dan kepekaan bapak/ibu sekalian sebagai seorang aparatur pemerintah yang melayani, bukan ingin dilayani,” harap eldin.