LANGSA - Dalam beberapa hari terakhir ini, Kota Langsa diguyur hujan dengan potensi ringan hingga lebat. Untuk itu masyarakat diminta mewaspadai musibah banjir. Apalagi, masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS)." Biasanya jika musim penghujan seperti ini air sungai meluap. Sehingga, menggenangi beberapa gampong dalam wilayah Kota Langsa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa, Rinaldi Aulia, kepada GoAceh, Minggu (19/6/2016).

Menurut Rinaldi, siklus musim saat ini telah berubah. Jika biasanya musim hujan terjadi pada bulan September, Oktober, November dan Desember, sekarang tidak lagi.

"Musim hujan telah bergeser, karena itu kewaspadaan terhadap banjir juga harus dipertahankan hingga musim hujan berakhir," ujarnya.

Selain musbah banjir, masyarakat juga diminta untuk mewaspadai amburknya pohon-pohon besar yang berada disekitar rumah maupun di tempat lainnya."Selama ini hujan juga disertai angin kencang, sehingga amburknya pohon-pohon besar bisa saja terjadi," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan selalu siap 24 jam dalam hal penanganan banjir ataupun musibah lainnya. Namupun demikian, dirinya berharap mudah-mudahan disaat musim hujan seperti ini tidak terjadi apa-apa di Kota Langsa.