TAPAKTUAN - Air pasang disertai ombak besar mengakibatkan rumah penduduk dan jalan antar desa di Gampong Pasi Asahan, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan tergenang banjir disebabkan kuala dan sungai meluap. "Peristiwa air pasang hingga melpuap ke jalan dan mengenangi rumah penduduk mulai terjadi kemarin, Sabtu (18/6/2016). Hari ini ketinggian air capai 50 hingga 70 centimeter," ujar Ketua Fraksi Partai Aceh (PA) DPRK Aceh Selatan, Mizar kepada GoAceh, Minggu (19/6/2016).

Akibat fenomena alam itu, sambung Mizar, sedikitnya 20 rumah penduduk di kawasan Pasi Asahan dan Krueng Batee tergenang. Akses transportasi gampong terpaksa dialihkan melalui lintas Fajar Harapan dan Ujung Padang Asahan.

"Prediksi saya, air pasang meluber ke pemukiman penduduk disebabkan daratan itu turun pasca-gempa bumi dan tsunami Aceh pada 2004 silam. Kondisi ini jangan dibiarkan berlangsung lama. Bisa jadi suatu saat pemukiman penduduk di kawasan itu akan rata dengan air," imbuhnya.

Solusinya, papar Mizar, Pemerintah Daerah dan Pusat harus mengalokasikan dana relokasi penduduk setempat ke lokasi yang aman. Ada 50 rumah harus dipindahkan," pungkas Mizar.