Bubur kanji rumbi adalah makanan yang sangat populer di Aceh, terutama saat berbuka puasa. Kanji biasanya mudah di dapat di Mesjid dan Meunasah (Mushola) di beberapa daerah di Aceh. Bubur ini memiliki keistimewaan yakni mengandung berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia, yang membuat masakan menjadi harum ditambah lagi campuran udang dan daging sapi yang membuat masakan ini semakin lezat. Selain itu, bubuk kanji ini juga diyakini dapat menyembuhkan masuk angin dan badan menjadi lebih kuat saat menjalani ibadah puasa.

Lalu bagai mana jika kita tak di Aceh, namun ingin mencoba? Berikut cara memasaknya.

Langkah pertama, sediakan bahan-bahan seperti:

- 150 gram beras
- 150 gram daging sapi, potong kecil-kecil lalu rebus hingga matang
- 2 buah kentang, potong dadu
- 2 buah wortel, potong dadu
- 100 gram udang, potong kecil-kecil.

Setelah itu, tambahkan bumbu halus yang menjadi kunci lezatnya bubur kanji rumbi, seperti:

- 10 butir bawang merah
- 1 ruas jahe
- ½ sdt jintan bubuk
- 1 sdt merica
- 3 biji cengkeh
- 2 lembar daun pandan
- 5 kapulaga
- Garam secukupnya
- 5 butir kapulaga
- 5 cm batang kayumanis
- 1 sendok teh ketumbar,giling kasar
- 2 bunga pekak
- 1 sendok teh adas manis.

Setelah semua bahan lengkap, masak beras dengan air kira-kira tiga ruas jari dari permukaan beras, dididihkan sembari diaduk. Bila beras mulai hancur menjadu bubur masukkan daging sapi dan udang.

Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, serta bumbu lainnya yang dimasukkan dalam kain tipis sehingga hanya sarinya yang tercampur dalam masakan, aduk semua bahan hingga bumbu merata.

Saat beras sudah ¾ lembek, masukkan wortel dan kentang, aduk hingga rata. Tunggu hingga matang. Saat disajikan tambahkan daun bawang dan bawang goreng.