PEKANBARU - Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (2/6/2016) pagi, sekitar pukul 05.56 WIB. Guncangan gempa yang cukup kuat tersebut membuat warga terkejut dan berhamburan ke luar rumah.

''Gempa terasa sangat kuat. Kami sangat terkejut dan berhamburan menyelamatkan diri ke luar rumah. Anak saya sampai menangis karena ketakutan,'' ungkap Asnidar, salah seorang warga Padang Laban, Kenagarian Pasir Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Pessel, ketika dihubungi GoRiau.com dari Pekanbaru, Kamis pagi.

Lanjut Asnidar, sekitar 30 menit setelah gempa terjadi, warga masih belum berani masuk ke dalam rumahnya masing-masing, karena khawatir terjadi gempa susulan yang mungkin saja merubuhkan rumah mereka. '''Kami masih takut masuk ke rumah karena cemas terjadi gempa susulan yang bisa saja membuat rumah runtuh, sehingga membahayakan keselamatan,'' ujarnya.

Di sekitar wilayah tempat tinggalnya, kata Asnidar, tidak ada korban akibat gempa tersebut. Juga tidak ada rumah warga yang rusak. ''Meski gempanya terasa cukup kuat, tapi belum terdengar ada warga yang jadi korban di sekitar kampung ini. Juga tak ada rumah penduduk yang rusak,'' jelasnya.

Hanya saja, tambah Asnidar, warga khawatir gempa tersebut menyebabkan terjadinya tsunami. ''Kami khawatir gempa ini menyebabkan tsunami. Namun demikian, belum terlihat tanda-tanda warga akan mengungsi,'' sambungnya.

''Mudah-mudahan saja tidak terjadi tsunami,'' harapnya.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa 6,5 SR yang mengguncang Pessel, Kamis, pukul 05.56. WIB, berpusat pada 2.29 LS,100.46 BT, sekitar 79 kilometer barat daya Pessel, dengan kedalaman 72 kilometer. ***