BANDA ACEH – Kombes Pol T Saladin, langsung terjun ke dalam sungai, untuk menyelamatkan jiwa seorang kakek yang diduga terpeleset dan jatuh dalam kali Aceh, Rabu (1/6/2016) sore kemarin. Peristiwa langka ini terjadi pada saat T Saladin, yang merupakan Kapolresta Banda Aceh ini, dalam perjalanan pulang dinas dari kantornya di Mapolresta Banda Aceh, yang tidak seberapa jauh dengan lokasi insiden tersebut.

Menurut saksi mata, tiba-tiba mantan Kabid Humas Polda Aceh itu mendadak meminta sopir mobil dinasnya, segera menghentikan laju kenderaan yang ditumpangi. Lalu T Saladin kemudian langsung lompat keluar, meskipun mobil jenis Vitara yang ditumpangi belum benar-benar berheni.

T Saladin lalu bergegas ke dalam Krueng (sungai) Aceh, untuk menolong seorang kakek yang diduga sedang hanyut diseret arus sungai, sambil melambaikan tangannya, sebagai isyarat minta pertolongan.

”Waktu itu, saya lihat ada dua orang lainnya, juga berlarian untuk menyelamatkan nyawa kakek tersebut,” kata seorang saksi mata yang tidak mau namanya dipublikasi.

Meskipun masih berseragam dinas, namun Kombes Pol T Saladin, tetap tidak mengurungkan niatnya, untuk menolong seorang kakek yang nyaris ditelan arus deras kali Aceh ini meskipun airnya tidak begitu dalam.

Akhirnya, mantan Kapolres Bireuen itu bersama warga yang melintas, berhasil menyelamatkan seorang kakek malang tersebut, dan mengevakuasi ke darat, meskipun harus terjun ke dalam sungai yang kotor.


Untuk pertolongan selanjutnya, kakek berusia sekitar 65 tahun ini, dilarikan ke rumah sakit terdekat, untuk menjalani rawat medis.

Seorang warga berhasil merekan beberapa lembar foto insiden tersebut, dengan menggunakan handphone genggamnya,sekitar pukul 14.30 WIB kemarin.