MEDAN - Maraknya alih fungsi lahan pertanian di Indonesia, sangat disayangkan oleh Rektor Universitas Methodist Indonesia Pantas Simanjuntak. Pasalnya lahan-lahan tersebut dapat meningkatkan sisi perekonomian jika dimanfaatkan secara baik.


"Banyaknya alih fungsi lahan harus menjadi keprihatinan kita bersama untuk memberi sumbang saran dalam menambah luas lahan sektor pertanian dengan berbagai upaya, seperti memaksimalkan lahan kosong menjadi lahan produktif," jelas dia dalam acara seminar nasional dengan tema “ Rehabilitasi Lahan Marginal Mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan” Sabtu(28/5/2016).

Untuk langkah pertama, dia mengajak seluruh mahasiswa untuk ikut terjun menurunkan angka alih fungsi lahan yang tiap tahun meningkat.

“Sekarang saatnya kampus melakukan aksinya untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan melakukan penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam meningkatkan hasil pertanian dan mengelola tanah marginal yang selama ini dibiarkan tidak berfungsi,” papar Pantas Simanjuntak.