MEDAN - Camat, lurah, dan kepala lingkungan (kepling) harus aktif mengawasi kebersihan di kawasannya masing-masing. Apalagi memasuki musim hujan seperti sekarang ini, semua pihak, termasuk warga, harus merasa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan adalah kebutuhan kita bersama. Maka semua harus merasa bertanggung-jawab atas kebersihan di lingkungan masing-masing. Tidaklah jatuh harga diri kita apabila mengangkat sampah di parit,” kata Kabag Humas Kota Medan Budi Hariono kepada Gosumut.com, Sabtu (28/5/2016) sesuai ungkapan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi ketika memimpin gotong royong di Pekuburan Muslim Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (27/5/2016) kemarin.

Kata Akhyar, sebut Budi, gotong royong melibatkan masyarakat merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan dan harus terus dijadikan sebagai budaya. Dia yakin sesulit apapun pekerjaan jika dikerjakan dengan gotong royong akan berhasil. Karenanya, diinginkan gotong royong terus digalakkan demi mewujudkan Medan Rumah Kita.

Guna membangkitkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya, Akhyar menginstruksikan seluruh camat, lurah serta kepling harus lebih cerewet. Maksud cerewet itu tak bosan-bosannya mengingatkan warga untuk selalu hidup bersih dan menjaga lingkungannya bersih dari sampah. Di samping itu teliti dan rajin mencgecek sampah-sampah yang ada di wilayahnya.

“Tidaklah hilang wibawa camat, lurah dan kepling jika mengangkat sampah yang ditemukan di jalan, termasuk dalam parit. Kita harus bisa memberikan contoh terbaik kepada masyarakat,” pesannya.

Ditegaskan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menjadikan Kota Medan lebih bersih tetapi harus bersama-sama dan mendapat dukungan penuh seluruh elemen masyarakat. Apabila seluruh elemen masyarakat sama-sama menjaga kebersihan, maka biaya untuk menjaga kebersihan bisa lebih hemat.

“Untuk itu kegotongroyongan ini harus terus kita pertahankan dan hidupkan di tengah-tengah masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada camat, lurah dan kepling yang telah berhasil menggerakkan gotong royong. Kami berharap apa yang dilakukan masyarakat di Kecamatan Medan Petisah ini bisa dilakukan oleh masyarakat lainnya di seluruh kecamatan lainnya di Kota Medan,” harapnya.