LANGKAT- Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mengakui, sampai saat ini belum merealisasikan bantuan ternak APBN P 2015.

Hingga saat ini petani ternak yang terdiri dari enam kelompok belum mendapatkan bantuan ternak sapi tersebut.

Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Kabupaten Langkat M Tambeng, saat dikonfirmasi Gosumut.com (Gonews group), Selasa (17/05/2016), membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hingga saat ini belum terealisasi, dengan alasan harga ternak melambung di akhir tahun.

"Kita belum memberikan ternak kepada kelompok, karna harga ternak di akhir tahun ini sangat mahal," kata Tambeng.

Dirinya juga menambahkan, sebenarnya masalah tersebut adalah kewenangan dari Pemerintah Provinsi, sedangkan pihak kedua hanya mendampingi saja.

"Pembelian ternak pihak kedua tidak ada ikut campur, kita hanya bisa mendampingi saja," sebutnya.

Sementara untuk masalah kandang, kata Tambeng, merupakan murni bantuan dari Provinsi Sumatera Utara. Dan Pemprov Sumut hanya memberikan bahan untuk kandang, bukan berbentuk uang.

"Jika untuk pembangunan kandang, kita tidak ada ikut campur tangan, melainkan pihak Provinsi yang memberi bantuan langsung peralatannya," lanjut dia.

Hingga saat ini, ternak untuk enam kelompok belum ada, para Pengurus kelompok menduga ada permainan dibalik belum ada realisasi pembagian ternak itu. Elm