MEDAN- Tewasnya gajah Sumatera bernama Yani di Kebun Binatang Bandung membuat marah publik negeri ini. Pasalnya gajah itu tewas menderita penyakit karena kelalaian pengelolanya. Lalu bagaimana kondisi dua ekor gajah Sumatera di Kebung Binatang Medan (Medan Zoo)?

Kebun Binatang Medan yang terletak di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, memiliki koleksi dua ekor gajah Sumatera. Namanya Siti dan Neneng, usianya sama-sama 48 tahun.

Kedua gajah ini mendapat perawatan ekstra dari dua orang pawang atau mahout, yakni Imam (pawang Neneng) dan Alex (pawang Siti), dan dokter hewan Medan Zoo, drh Sucitrawan. Kondisi kesehatan dua satwa langka ini setiap hari dicek. Meski melakukannya bukan perkara muda, pasalnya salah sedikit bisa berakibat fatal seperti yang dialami dokter hewan di Waduk Gajah Mungkur.

“Kita rutin merawatnya, membersihkannya hingga memperhatikan kesehatannya. Kita melakukannya juga harus dengan ketulusan hati, agar mereka (gajah) bisa menurut. Meski mereka hewan, namun mereka memiliki insting yang kuat, sehingga bisa mengerti kita bila kita merawatnya setulus hati,” katanya. ***