JAKARTA- Setelah sukses di ajang gokart, pebalap nasional  kakak-beradik Kezia Santoso (18 tahun) dan Keanon Santoso (16) langsung naik tahta. Mereka  akan memulai debutnya di balap single seater F4 South East Asia (SEA) Championship 2016.

Keduanya akan memperkuat tim ternama Meritus yang dikomandani Peter Thompson. Tahun pertama keikutsertaan dua pegokart senior TKM Racing ini tentu untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin. Dan menyesuaikan diri dari gokart ke balap mobil formula.

"Ya, tahun pertama untuk mencoba dan beradaptasi dengan mobil formula. Kesempatan ini akan kami gunakan sebaik mungkin agar segera bisa menyatu dengan mobil. Sehingga segera dapat kompetitif dan berprestasi," ujar Kezia  kepada Legislatatif.co (GoNews Group) Rabu (13/04/2016) di Jakarta.

Hal senada disampaikan Keanon, sang adik yang tahun lalu mewakili Indonesia berlaga di grand final rotax max challenge Portimao, Portugal. "Penginnya langsung cepat bisa beradaptasi dan naik podium. Saya optimis untuk itu," jelas  Keanon.

Rencananya tahun ini Kezia akan mencoba turun di 2 seri awal. Sedangkan Keanon akan turun full series yang akan dilangsungkan di Malaysia, Thailand, Taiwan dan Cina.Keanon saat ini memimpin klasemen sementara kelas senior Rok Kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia setelah 2 kali menjadi juara pertama pada 2 seri yang telah dilangsungkan di Sentul International Karting Circuit, Bogor.

Sedangkan sang kakak. Kezia menguntit diurutan kedua. Demikian pula di kelompok Asia Rok cup, kakak-beradik anak pasangan pengusaha Yongliek Santoso dan Menik Indah Susanti ini juga memimpin di urutan pertama dan kedua.

Althir pekan ini, baik Keanan maupun Kezia akan mengikuti seri pertama Rotax Max ahallenge (RMoh di sick, Bogor. Keduanya bertekad kembali naik podium menjadi yang terbaik. “ Kezia dan Keanon memang sudah layak berlaga di Formula 4. Karena  mereka telah memiliki modal dan pretasi bagus selama di Gokart baik di asian maupun eropa,” ujar Dicky, kepala mekanik tim TKM. ***

Berikut Jadwal Balap F4 SEA Championship 2016:

1. 5-7 Agustus Sepang (Malaysia)

2. 12-14 Agustus KuchtyGP (Malaysia)

3. 1-2 September Sepang (Malaysia)

4. 4-6 Oktober Buriram (Thailand)

5. 25-27 November Penbay (Taiwan)