PADANG - Provinsi Sumatera barat terkenal dengan keelokan alamnya. Salah satunya adalah pantai yang indah. Karena Sumatera barat terletak disepanjang pesisir barat pulau Sumatera, dan itu artinya Provinsi Sumatera Barat dekat dengan laut. Sehingga tidak mengherankan jika di daerah ini banyak ditemukan tempat wisata pantai yang indah. Bukan hanya itu saja, wisata alam yang menarik seperti lembah dan pegunungan juga banyak ditemukan di daerah ini.

Berikut 6 kawasan wisata pantai paling indah di Provinsi Sumatera Barat: 

Pantai Gandoria Pariaman

gosumbarcom_3rz9e_37.jpg

Pantai Gandoria Pariaman

Pantai ini sangatlah indah, dibalut dengan hamparan pasir putih dan landai semakin menggoda mata untuk menikmati keindahannya. Pantai pariaman ini tidak terlalu jauh letaknya dari Kota Pariaman, jadi untuk aksesnya cepat dan mudah. Keindahan yang paling menarik di pantai pariaman ini adalah dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga sangat bagus untuk bermain di tepi pantainya. Selain itu, momen terindahnya adalah ketika Matahari terbenam (sunset) di ufuk barat, warna langit yang kekuningan dan indahnya pantai akan menyatu menjadi sebuah keindahan yang tidak akan terlupakan.

Pantai Pagang Padang

gosumbarcom_3vdee_36.jpg

Pantai Pagang

Seperti pantai lainnya, pantai pagang juga tidak kalah indah namun kelebihan pantai ini adalah dengan hamparan pasir disepanjang tepi pantainya dan sesekali dibasuh oleh ombak yang saling berkejaran. Selain memiliki keindahan yang sangat mempesona, pantai ini juga memiliki suasana yang tenang sekali. Sehingga jika anda ingin rehat sebentar dari hiruk-pikuk kehidupan anda, mungkin pantai ini adalah salah satu pelampiasan anda.

Pulau Pagang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini menghadap langsung dengan Samudera Hindia dan berjarak sekitar tigabelas kilometer dari kota Padang. Pantai ini cukup cantik dengan dengan adanya panorama yang mempesona dari hijaunya perbukitan Sumatera. Ditambah lagi hamparan pasir putihnya yang bersih dipadu dengan birunya air laut yang cukup jernih membuat para wisatawan yang berkunjung ke sini tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam laut.

Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini, seperti memancing, snorkeling hingga berkemah. Pemandangan bawah laut di pulau ini cukup bagus. Disediakan juga jasa penyewaan alat snorkeling di sini. Tidak hanya itu saja, beberapa penginapan juga tersedia di tempat ini. Namun bagi Anda yang ingin merasakan serunya berkemah di pulau ini, disediakan juga jasa penyewaan tenda untuk wisatawan. Pulau ini sebenarnya merupakan tempat transit bagi para nelayan untuk beristirahat sejenak. Ada juga beberapa nelayan yang tinggal di pulau ini. Bila Anda lapar, Anda bisa juga meminta jasa para nelayan tersebut untuk membuatkan makanan dengan biaya yang lebih murah.

Akses transport

Dari pusat kota Padang, Anda dapat langsung menuju ke Kecamatan Bungus Teluk Kabung atau Pelabuhan Muaro Padang atau bisa juga menuju ke Pelabuhan Bungus dengan menggunakan kendaraan darat. Dari tempat ini Anda harus menyewa perahu untuk menuju ke Pulau Pagang. Biaya sewa perahu ini lumayan mahal, untuk itu sebaiknya Anda pergi berombongan agar biaya sewa perahu bisa menjadi ringan.

Pantai Pasumpahan Padang


gosumbarcom_pr9ed_38.jpg

Pantai Pasumpahan

Pantai ini boleh dikatakan pantai paling indah dan paling damai dari semua pantai disini, keindahan pantai ini juga sudah terenggus hingga ke wisata mancanegara. Pemandangan air laut yang biru di balut dengan seni bukit-bukit kecil menghijau disekitarnya serta alunan ombak yang tidak terlalu keras, membuat pantai pasumpahan sangat mengagumkan bagi banyak pengunjungnya.

Selain dengan keindahannya yang begitu menggoda, pantai pasumpahan juga tidak terlalu jauh dari pusat kota padang, dengan menggunakan speadboat dari sekitar Kota Padang, anda sudah bisa menikamati keindahan pantai ini.

Pantai Air Manis Padang

gosumbarcom_csjhy_34.jpg

Pantai Air Manis Padang

Entah mengapa pantai ini disebut pantai air Manis, padahal pantai jelas airnya air laut dan itu asin. Walau begitu, pantai air manis mampu menyihir berbagai wisatawan lokal untuk selalu berkunjung dan membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi warga lokal, sebuah pemandangan gunung padang dari tepi pantai semakin menyatukan keindahannya saja yang juga dibalut dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai Pemutusan

Pantai ini berada di sebelah Barat Provinsi Sumatera Barat, di sini keindahan pantainya bukan hanya pasir putih dan pantainya yang terlihat kehijauan-hijauan saja, namun pantai pemutusan memiliki keindahan Terumbu Karang yang sangat indah. Di daerah ini, beberapa pulau terlihat menjulang dari bawah laut dan disetiap pulau-pulau itu memiliki keindahan terumbu karang yang tentunya bisa menjadi kebanggaan daeran provinsi sumatera utara kepada pariwisata dunia.

Ada bonus keindahan alam jika anda berkunjung ke Pulau Pagang, Sumatera Barat. Pesona keindahan ini tidak terdapat di Pulau Pagang, namun dapat terlihat dari Pulau Pagang. Bonus keindahan ini terlihat tepat di depan Pulau Pagang yang menghadap daratan Sumatera. Keindahan ini bernama pulau Pamutusan.
Pamutusan ini adalah daratan (pulau) yang sebenarnya menyatu dengan Pulau Sumatera. Namun jika laut pasang daratan ini akan terputus dan menjadi pulau tersendiri. Mungkin inilah yang mengilhami penamaannya dengan Pamutusan.

Terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung, Padang atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Padang, pulau ini dikenal dengan surga tersembunyi yang belum banyak terjamah wisatawan.

Pulau Pamutusan bisa ditempuh dengan menggunakan kapal kecil dari Pelabuhan Muara Kota Padang sekitar satu jam perjalanan laut. Pulau dengan luas 8 hektare ini memiliki pasir putih serta tumbuhan pohon kelapa dan tanaman mangrove serta perbukitan yang masih hijau.

Pulau ini diberi nama Pamutusan karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir putih ketika air laut surut.

Untuk menjaga kebersihan pulau tersebut, dipungut retribusi Rp15 ribu per orang oleh seorang penjaga pulau yang sehari-hari menetap di sana.

Pulau ini ibarat sepotong surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum banyak dijamah oleh wisatawan karena belum pernah terekspose. Pulau ini cocok bagi wisatawan penggemar landscape atau fotografer karena banyak terdapat spot-spot cantik dengan hamparan pemandangan nan asri dan indah, walaupun ditempuh dengan sedikit tracking untuk mencapai puncak bukitnya.

Selain itu, biota ikan hias dan terumbu karang yang terdapat di dalam laut di sekitar pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar snorkling. Nah, untuk melepas kepenatan setelah berwisata, terdapat sebuah cottage yang bisa disinggahi dan bersantai menikmati pemandangan alam pulau-pulau kecil yang menghampar di depannya.

Cukup dengan merogoh kocek Rp350 ribu, pengunjung sudah bisa menginap di salah satu vila. Semoga saja Pulau Pamutusan yang merupakan salah satu surga di Sumatera Barat ini tidak termasuk ke dalam daftar perdagangan pulau di Tanah Air.

gosumbarcom_lvnqt_39.jpg

Pantai Pemutusan

Pantai Carocok Painan  

gosumbarcom_99wjy_35.jpg

Pantai Carocok

Satu lagi pantai terindahnya adalah Pantai carocok, berada di ujung Selatan Provinsi Sumatera Barat dan terletak di daerah Painan Kabupaten Pesisir Selatan, pantai ini juga dikenal dengan sebutan pantai Painan. Seperti Pantai Gandiria Pariaman, pantai ini juga memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri dengan ombak yang tidak terlalu besar dan pemangan menarik oleh beberapa pulau-pulau yang muncul di kejauhan.

Jika di akhir liburan 2015 anda mau bersenang-senang. Tak salah liburan ke enam pantai mempesona ini di Sumatera Barat ini. Selamat liburan segera pesan tiket ke biro perjalanan anda. (berbagai sumber)