PEKANBARU - Puluhan massa penggembira alias Romli (Rombongan Liar) pada kongres XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kembali bikin ricuh. Kali ini mereka mengamuk di dalam ruang sidang kongres, gedung Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (2/11/2015) dinihari.

30 orang massa Romli buat onar dan melakukan pengrusakan, saat dilangsungkannya sidang lanjutan Pleno III kongres HMI, dinihari tadi, sekitar pukul 01.30 WIB. Saat sidang berlangsung, tiba-tiba puluhan orang massa Romli masuk ke dalam ruang kongres, lalu menyampaikan orasinya.

Tidak cuma itu, usai berorasi, puluhan massa tersebut juga dilaporkan sempat melakukan aksi anarkis dan mengamuk, lantaran merasa tidak digubris oleh pimpinan sidang. Mereka pun melempar kursi dan merusak meja yang ada di dalam ruang pleno kongres.

Pihak pengamanan kongres langsung mengevakusi para pemimpin sidang. Sementara massa Romli yang sudah puas melampiaskan kemarahannya lalu meninggalkan ruangan kongres, dalam kondisi meja dan kursi yang berantakan. Beruntung tidak ada pihak yang terluka dalam kericuhan ini.

"Kita mendapat laporan, bahwa dinihari tadi sidang pleno kongres HMI sempat diwarnai keributan dari massa Romli. Namun setelahnya situasi kembali kondusif," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono, Selasa pagi.

Adapun sidang lanjutan pleno III yang digelar mulai Selasa malam hingga Rabu dinihari itu, banyak diwarnai aksi skors dan perdebatan antara pimpinan sidang dan peserta kongres. Tepat pukul 05.00 WIB, agenda sidang kembali diskors, dan rencananya akan dilanjutkan Rabu siang ini. ***