JAKARTA - Efek dari peraturan pemerintah yang menerapkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), menjadikan beberapa pabrikan smartphone kesulitan memasukkan perangkat terbaru mereka ke Indonesia. Peraturan tersebut membuat Xiaomi akhirnya juga mengalami kendala dalam memasukkan produk-produk terbaru mereka kepasar Indonesia. Namun kabarnya Xiomi bakal ke Indonesia dengan smartphone 4G terbaru mereka.

Erajaya Group yang juga sebagai pemasok beberapa smartphone ke Indonesia, kabarnya bakal menjadi distributor resmi Xiaomi pada tahun 2017.

“ Erajaya Group bakal membantu Xiaomi dalam memasukkan smartphone 4G mereka, ke Indonesia pada 2017 “ ungkap CEO Erajaya Group, Hasan Aula.

"Smartphone 4G Xiaomi bakal kembali ke Indonesia, kami selaku pihak Xiomi telah memproses segala prosedur pemerintah Indonesia” ujar Vice President Xiaomi, Hugo Barra.

Smartphone terakhir Xiaomi yang masuk ke Indonesia Secara resmi adalah Redmi Note 3 Pro, namun pihak Xiaomi mematikan jaringan 4G pada perangkat tersebut agar dapat dipasarkan ke Indonesia dan di tahun 2017 Xiaomi memastikan produknya sudah mengadung TKDN sebanyak 30%.