Lontong tanpa sayur...hmm, bayangkan bagaimana rasanya. Hambar bukan? Dan sayur tanpa lontong, bukan lontong sayur namanya, tapi juga gulai biasa. Nah! Ketika dua hal ini bersatu, lontong dan sayur. Jadilah lontong sayur yang sempurna.

Dua perjumpaan ini, antara si sayur dan si  lontong memberikan pengalaman makan lontong yang memuaskan. Kedua hal ini pun tidak serta merta terjadi begitu saja. Sayur lontong terjadi karena ada nangka muda di dalamnya atau labu jipang, kacang panjang. Kemudian ada lagi tauco ditambah sambal dan serundeng  jika dibutuhkan. Sayur lontong juga belum sempurna tanpa santan dan bumbu-bumbu.

Tidak ubahnya dengan lontong. Ada beras dan media seperti daun pisang pembungkus membuat lontong menjadi sempurna. Saat menikmatinya pun, semua orang menjadi puas bahkan ketagihan. Meskipun ada beberapa hal yang menonjol, tapi tetap saja kehadiran beberapa item itu membuat lontong sayur menjadi sempurna.

Dalam kehidupan nyata, baik itu skup kecil seperti rumah tangga, perusahaan hal mendasar yang paling dibutuhkan adalah kekuatan team work. Pasangan suami isteri yang sehati, bervisi sama untuk maju maka pencapaian keberhasilan akan lebih mudah.

Harus disadari team work adalah peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai satu tujuan. Tujuannya juga bukan tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, tapi juga tujuan bersama-sama. Antara kau dan kamu jadilah kita. Tujuan kita bersama.

Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.

 Sementara untuk membentuk dan membangun team work yang solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak tangan, team work yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut.