TOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba menggelar ujian Computer Assistet Test (CAT) untuk perekerutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak (Pilkada) 2024. Pelaksanaan ujian CAT digelar di SMK N.1 Balige, selama 2 hari, mulai 6 hingga 7 Mei 2024.
 
Ketua KPU Toba Sugar Fernando Sibarani, disela sela pelaksanaan ujian CAT menuturkan, peserta ujian CAT ini sebelumnya telah mendaftar ke panitia perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Toba berasal dari 16 kecamatan sebanyak 230 orang.
 
Untuk anggota PPK yang direkrut lanjutnya, sebanyak 5 orang dari setiap kecamatan. Dalam penerimaan pendaftaran calon PPK yang diterima adalah warga kabupaten Toba yang berdomisili di Kecamatan tersebut sesuai KTP Elektronik masing-masing peserta. 
 
Dalam perekrutan yang digelar lanjutnya, sebanyak 220 dari 230 peserta yang mendaftar lolos seleksi administrasi. Selanjutnya jumlah tersebut menjadi peserta ujian CAT yang digelar selama 2 hari dengan pembagian waktu 2 gelombang 
 
Ujian CAT hari pertama Senin (6/5/2024) pesertanya sebanyak 129 orang. Sedangkan gelombang kedua, digelar (7/5/2020)4) sejak pukul 08.00 Wib, dengan durasi waktu ujian 90 menit.
 
Ditambahkan Sugar, pelaksanaan ujian CAT berlangsung transparan sesuai amanah Undang Undang Kepemiluan. 
 
"Untuk hasil ujian CAT oleh peserta akan diumumkan langsung oleh panitia perekrutan PPK KPU Kabupaten Toba setelah ujian selesai di ikuti para peserta pada hari ujian CAT itu selesai di laksanakan," ucapnya.
 
Selama pelaksaanaan ujian CAT perekrutan PPK, KPU Toba mendapat penjagaan dari personil Polri Polres Toba yang di komando langsung Kasat PAM Odvit Polres Toba AKP Libertius Siahaan.
 
Terpantau di lokasi selama pelaksaan CAT berjalan dengan aman dan lancar.