BERITA

RAMAI beredar informasi di media sosial "Undian Berhadiah untuk Nasabah Bank Mandiri, Gebyar Hadiah". Informasi itu antara lain bertebaran di Instagram dan Facebook.

HASIL CEK FAKTA

Penelusuran tim GoSumut.com tawaran undian tersebut memasang headline berbeda-beda di berbagai akun media sosial. Ada "Program Undian Bank Mandiri 2024", "Total Hadiah 2 Miliar: Gebyar Pesta Hadiah Bank Mandiri 2024",  "Gebyar Gemilang Dari Bank Mandiri",  "Gebyar Undian Bank Mandiri periode April-Juni 2024", "Program Undian Berhadiah dari Bank Mandiri Periode 2024, periode Undian 26 Maret sampai 27 April 2024" dan lainnya.

"Undian berhadiah" itu menawarkan beragam hadiah, mulai TV Led 50 inch, Motor X Max, Motor Scoopy, Mobil BMW, Mobil Brio, Mobil BR-V, Fortuner, Mobil Xpander,  Mobil HR-V CVT, Mobil CR-V Turbo, Alphard atau paket liburan, baik ke Singapura dan Jepang. Ada juga paket umroh.

Tawaran hadiah itu pun berbeda-beda di masing-masing akun. Ini mencurigakan, mengingat Bank Mandiri sebagai satu perusahaan BUMN seyogianya mempunyai satu program dengan narasi penawaran yang sama, dan apabila menawarkan undian tentu hadiahnya pun sama secara nasional.

Lucunya lagi, ada akun @poinmandiri4 menawarkan "Gebyar Undian Bank Mandiri" tapi menuliskan "Khusus untuk yang menggunakan BSI Mobile Banking." Lalu ada pula akun @futvure menghadirkan "Program Undian Berhadiah dari Bank Mandiri Periode 2024, periode Undian 26 Maret sampai 27 April 2024" dengan memasang gambar 4 orang komisaris Bank Mandiri, padahal bank ini memiliki 10 komisaris. Lagi pula mustahil komisaris terlibat dalam program undian yang seyogianya menjadi urusan direksi.

Sejumlah akun yang menawarkan "undian Bank Mandiri" tersebut diketahui hanya mempunyai beberapa pengikut saja. Misalnya, akun @poinmandiri4 cuma punya satu pengikut, begitu pula akun @poin_gebyar_livin_mandiri juga punya satu pengikut saja.

Ada pula akun @_cetak_kupon._livin_.2024 yang ternyata merupakan hasil membajak akun @Single Fighter. Ini terlihat dari nama asli akun tersebut dan postingan-postingan terdahulu tentang touring motor. Postingan tentang undian berhadiah Bank Mandiri di bagian atasnya menimpa postingan tentang touring motor tersebut.

Hasil penelusuran ke akun resmi Bank Mandiri yang bercentang biru dan telah terverifikasi tidak ditemukan promo "undian berhadiah" sebagaimana pada akun-akun medsos di atas. Bisa dipastikan akun-akun medsos di atas adalah palsu, bertujuan untuk melakukan aksi penipuan. Hati-hati terhadap akun-akun penipuan tersebut, apalagi ada yang meminta klik "daftar" atau "cetak kupon", dimana ketika di-klik muncul permintaan untuk memasukkan nama, nomor kartu ATM, hingga saldo terakhir. Ini jebakan, karena jika ada yang memenuhi permintaan ini alamat kerugian bakal dialami, bahkan saldo pun terkuras.

Bank Mandiri  lewat akun resmi di media sosial juga sudah memberi peringatan lewat postingannya, seperti pekan kemarin.

PERHATIAN!
Waspadalah terhadap informasi palsu dari pihak yang mengaku-ngaku sebagai Bank Mandiri. Jangan mudah tergoda oleh penawaran yang mencurigakan. Tetap waspada dan lindungi keamanan data pribadi dalam setiap transaksi. #JagaBaikBaik

Akun resmi Bank Mandiri juga membagikan postingan Reels di media sosial sebagai berikut berikut:

Sahabat, udah tau modus penipuan Call Forwarding?
Si penipu akan mengarahkan kita buat nge-forward aktivitas ponsel kita, seperti yang ada di video ini nih.Jika dapet telepon/pesan dari nomor gak dikenal, jangan langsung percaya ya. Pastiin kamu double check ke call center terkait supaya kamu aman dan terhindar dari penipuan.#KelasMandiri

Peringatan lain dari akun resmi Bank Mandiri disampaikan melalui postingan terlampir:

Jangan percaya kalau ada telepon yang ngaku-ngaku dari Bank Mandiri. Nomor resmi Mandiri Call cuma 14000 bukan yang lainnya!I ngat, #JagaBaikBaik data pribadimu layaknya barang berharga

Perlu dicatat akun resmi media sosial Bank Mandiri sebagai berikut:

Facebook: @bankmandiri, @mandiricard, @livinpoin, dan @mandiricare @mandiri kartu kredit (keseluruhannya memiliki centang biru)
X: @bankmandiri, @livinpoin, @mandiricard, @mandiricare (keseluruhannya memiliki centang biru)
Instagram: @bankmandiri, @bank.mandiritaspen, @mandiriutamafinance, @mandiritunasfinance (keseluruhannya memiliki centang biru)
Whatsapp: Bank Mandiri (memiliki centang hijau)

Penelusuran ke website resmiBank Mandiri yaitu https://bankmandiri.co.id dan https://www.mandirikartukredit.com tidak ditemukan program undian tahun 2024 ini, sebagaimana ditawarkan pada medsos "tipu-tipu" seperti di awal artikel ini.  Bank Mandiri terakhir kali merealisasikan program undian Livin’ poin dengan memberikan 100 unit mobil BMW X1 serta 1.000 unit motor jenis Vespa Sprint dan Yamaha NMAX pada peringatan HUT Bank Mandiri ke-23 pada tahun 2021 lalu. 

Bank Mandiri memang akan  menggelar program undian di tahun 2024 sebagai kelanjutan dari Program Undian Jempolan 2023 bagi pemilik Tabungan Mitra Usaha, tetapi belum diluncurkan sampai sekarang. Lagi pula undian ini khusus untuk nasabah pemilik Tabungan Mitra Usaha.

Dalam chat GoSumut.com dengan Whatsapp resmi Bank Mandiri (bercentang hijau) pun diketahui tidak ada undian dengan "gebyar hadiah" sampai saat ini. Bank Mandiri hanya menawarkan promo saja, seperti promo kartu debit berupa cashback belanja, diskon belanja, voucher belanja dan sejenisnya. Lalu promo kartu kredit, seperti diskon F&B, diskon belanja online, diskon belanja fashion, potongan belanja dengan hermat sampai Rp200 ribu di supermarket dan lainnya. Ada juga Promo Livin' berupa bonus kuota saat top-up pulsa serta promo diskon saat beli paket data Indosat selama bulan puasa Ramadhan barusan.

KESIMPULAN
Dari penelusuran GoSumut.com disimpulkan informasi yang ramai beredar di media sosial tentang "Undian Berhadiah untuk Nasabah Bank Mandiri, Gebyar Hadiah" adalah hoaks alias informasi palsu. Masyarakat, khususnya nasabah bank ini dihimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati. Jangan percaya informasi dari akun-akun tak resmi. Masuk dan gunakanlah akun resmi Bank Mandiri. Selalu lah melakukan pengecekan ke akun atau website resmi bank ini setiap kali mendapat informasi yang penuh iming-iming, supaya tidak terjebak informasi hoaks dari akun "tipu-tipu" di media sosial.*

RUJUKAN

https://bankmandiri.co.id/en/home

https://www.mandirikartukredit.com

https://www.facebook.com/share/p/pnSS3bSsk3876a9T/?mibextid=xfxF2i

https://www.facebook.com/share/v/rCrznw6P4DHPYhf2/?mibextid=xfxF2i

https://www.facebook.com/share/v/6WpHrzpjoBR7yc8e/?mibextid=xfxF2i

Chat di Whatsapp resmi dengan Live Agent (MITA) Bank Mandiri (bercentang hijau)