PALAS - Pj. Bupati Padanglawas (Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si,melaksanakan koordinasi dan kosultasi peningkatan sarana dan prasarana pertanian Kabupaten setempat.

Koordinasi dan Kosultasi dengan Kemeterian Pertanian RI tersebut,Pj Bupati di dampingi Kepala Dinas Pertanian, Falah Alfitri, S.TP,Senin (22/4/2024).

Dipertemuan koordinasi tersebut, Direktur Jenderal Sarana Prasarana Pertanian Kementan RI, Ir. Ali Jamil Harahap MP, Ph.D, berkenan menerima proposal Alsintan dan Irigasi untuk TA.2025.

Proposal yang diajukan Pj Buapti ini bertujuan untuk meningkatkan IP (Indeks Pertanaman) dari IP 100 menjadi IP 200 dan Perluasan Areal Tanam (PAT) serta peningkatan produktivitas padi sawah.

"Tahun 2024 ,Pemkab Palas akan diberi bantuan Pompa Air, Handtractor dan Saprodi lainnya termasuk Pupuk Bersubsidi," kata Ir Ali Jamil Harahap.

"Daerah Palas dulu sempat menjadi lumbung padi Sumatera Utara, sebelum ramai ditanami sawit. Apalagi jika melihat kondisi geopolitis saat ini yang tidak pasti, kita harus bisa swasembada beras," kata Pj. Bupati melalui Dinas Kominfo Kabupaten Palas,usai pertemuan dengan Kemrnterian Pertanian RI.

Ia jug berterima kasih, kepada Bapak Menteri Pertanian yang bersedia memberikan kesempatan menerima dengan baik pengajuan bantuan ini sehingga memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Palas dalam peningkatan produksi pertanian khusus produksi padi sawah.