UJIAN Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2024 merupakan tahapan penting bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dengan persaingan yang semakin ketat, sangat penting bagi para calon peserta UTBK-SNBT 2024 untuk mempersiapkan strategi yang efektif untuk meraih hasil yang diinginkan.

Simaklah beberapa strategi ampuh berikut agar peluang kelulusanmu semakin terbuka walaupun tanpa mengikuti program bimbel (bimbingan belajar) yang berbiaya mahal.

1. Mengatur Urutan Penempatan Jurusan

Salah satu kesalahan paling fatal yang sering dilakukan oleh para peserta UTBK-SNBT adalah salah mengatur urutan penempatan jurusan.

Ketika memilih jurusan yang hendak dituju, sangat penting untuk mengatur urutan penempatan jurusan berdasarkan keketatan peluang kelulusannya. Melalui website resmi kemdikbud.go.id, lihatlah jumlah peserta peminat di tahun-tahun sebelumnya, serta daya tampung yang tersedia di tahun 2024 pada jurusan yang hendak dipilih.

Setelah itu, tempatkan jurusan yang peluang kelulusannya paling ketat berada di pilihan pertama. Hal ini dilakukan agar apabila nilai kamu tidak mencukupi pada jurusan di pilihan pertama, kamu masih memiliki peluang untuk lolos pada jurusan di pilihan kedua dengan keketatan yang lebih rendah.

2. Kenali Sistem Penilaian UTBK-SNBT 2024

UTBK-SNBT 2024 menggunakan sistem penilaian Item Response Theory (IRT) yang mengacu pada karakteristik soal untuk menilai bobot soal yang dijawab peserta.

Dengan menggunakan sistem penilaian IRT, nilai akhir akan diperhitungkan melalui tingkat kesulitan masing-masing soal. Maka, semakin tinggi tingkat kesulitan suatu soal, semakin tinggi pula nilai yang akan kamu peroleh.

Penting untuk diketahui, bahwa tidak ada sistem minus atau pengurangan nilai untuk jawaban yang salah pada seleksi UTBK-SNBT 2024. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap menjawab seluruh soal meskipun kamu meragukan jawabanmu.

3. Pahami Tipe Soal dan Jenis Materi UTBK-SNBT 2024

Agar strategi pengisian soal yang dilakukan menjadi lebih mudah, pahamilah tipe soal terbaru yang akan diujikan di UTBK-SNBT 2024.

- Soal Pilihan Ganda 

Soal Pilihan Ganda ini memuat 5 pilihan jawaban, a sampai dengan e.

- Soal Majemuk Kompleks

Format soal Majemuk Kompleks biasanya disajikan dalam bentuk tabel dan memuat 2 pilihan jawaban atau bahkan lebih.

- Soal Isian Singkat

Untuk soal ini, kamu diharuskan untuk mengisi bagian rumpang di ujung kalimat yang berisi pertanyaan. Kemudian, jawaban yang diberikan akan berupa bilangan bulat.

Setelah mengetahui tipe soal UTBK-SNBT 2024, kamu juga wajib memahami 3 jenis materi yang akan diujikan di UTBK-SNBT 2024 sebelum melaksanakan tes.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai 3 jenis materi UTBK-SNBT 2024.

- Tes Potensi Skolastik (TPS)

Terdapat sebanyak 4 subtes materi pada jenis materi TPS, diantaranya:

a. Kemampuan Penalaran Umum yang berisi 30 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 30 menit.
b. Pengetahuan dan Pemahaman Umum yang berisi 20 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 15 menit.
c. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis yang berisi 20 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 15 menit.
d. Pengetahuan kuantitatif yang berisikan 15 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 20 menit.

 Dalam subtes Kemampuan Penalaran Umum nantinya akan terbagi ke dalam beberapa jenis materi seperti penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif. Untuk setiap materi berisi 10 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 10 menit.

- Penalaran Matematika

Untuk jenis materi ini, nantinya akan ada 20 soal Penalaran Matematika dengan batas waktu pengerjaan hingga 30 menit.

Materi Penalaran Matematika bertujuan untuk menilai pemahaman dasar berpikir kamu melalui penyelesaian konsep, fakta, atau prosedur matematika.

- Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Untuk jenis materi terakhir akan terbagi menjadi 2 subtes materi yang berkaitan dengan literasi, diantaranya:

a. Literasi Bahasa Indonesia yang berisi 30 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 45 menit.
b. Literasi Bahasa Inggris yang berisi 20 soal dengan batas waktu pengerjaan hingga 30 menit.

Materi Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bertujuan untuk menilai kemampuan memahami bacaan dan evaluasi terhadap sebuah teks. 

4. Perbanyak Latihan Soal dan Simulasi UTBK-SNBT

Selain mempelajari materi yang kurang dipahami, perbanyaklah latihan soal try out dan simulasi menjelang pelaksanaan UTBK-SNBT 2024. Hal ini menjadi tolak ukur kemampuan kamu dalam memahami materi tes, dan juga melatih kesiapan mental dalam menghadapi tes nantinya.

Saat ini, Kemendikbud telah menyediakan simulasi tes UTBK-SNBT 2024 secara gratis melalui website resmi kemdikbud.go.id. Setelah selesai menjawab seluruh soal, kamu dapat langsung melihat hasil simulasi tes beserta kunci jawaban dan pembahasan dari setiap soal.

Semoga strategi ini ampuh buat kalian lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman melalui seleksi UTBK-SNBT 2024. Selamat berjuang. Good luck!*

RUJUKAN

https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php?ptn=111

https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-7296046/3-model-soal-utbk-snbt-2024-peserta-sudah-tahu/amp