SAMOSIR - Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir menyalurkan bantuan sosial asistensi anak yatim piatu dan yatim piatu (YAPI) se-Kabupaten Samosir di Bank Mandiri Pangururan, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, Kamis (18/4/2024). Bantuan yang bersumber dari Kemensos melalui APBN TA. 2024 ini diberikan Rp 800 ribu/orang untuk periode Januari-April. Dengan besaran Rp 200.000/bulannya.
 
Sementara total penerima untuk Kabupaten Samosir sebanyak 369 orang. Bantuan disalurkan melalui Bank Mandiri dengan ATM.
 
ATM secara simbolis diberikan langsung Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Immanuel Sitanggang kepada perwakilan penerima dari Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta.
 
Bupati menyampaikan, bantuan tersebut merupakan sinergi Pemerintah Kabupaten Samosir dengan Pemerintah pusat. Pemda Samosir menyodorkan data dan disetujui Kemensos.
 
"Dari data yang diusulkan kemudian ditentukan kemensos sesuai verifikasi", jelas Vandiko.
 
Diharapkan, bantuan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan anak baik untuk pendidikan, kesehatan maupun kebutuhan sehari-hari.
 
Bupati berpesan, untuk yang belum tercover atau terdaftar sebagai penerima, agar segera mendaftarkan diri ke Dinas Sosial PMD untuk kemudian diverifikasi dan diusulkan ke Kementerian Sosial.
 
"Saya yakin Tuhan akan menolong dan kalian akan berhasil menggapai cita-cita," ucap Vandiko menyemangati para penerima seraya berpesan agar tetap semangat, berdoa yang rajin dan juga selalu menyayangi keluarga yang ada.
 
 
Sementara Kepala Dinas Sosial PMD Samosir, F. Agus Karo-karo mengatakan program bantuan sosial bagi YAPI untuk membantu meringankan beban yang dialami anak yatim piatu serta meningkatkan peran keluarga/wali untuk memberikan dukungan kepada anak.
 
"Penyaluran selanjutnya akan dilakukan per 2 bulan", singkat Agus Karo-karo.
 
Dalam kesempatan yang sama, pimpinan Bank Mandiri Pangururan, Jonny Simanjuntak menjelaskan metode pencairan tahap I dilakukan melalui transaksi di ATM Bank Mandiri.
 
"Berikutnya bisa menggunakan bank himbara, tidak harus ke ATM mandiri. Juga dapat melalui agen bank mandiri terdekat," jelas Jonny Simanjuntak.