BERITA

POSTER berisi kandidat menteri Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali beredar di media sosial. Poster serupa sebelumnya juga sempat muncul.Tidak hanya di media sosial, poster yang berisi nama-nama menteri tersebut juga ramai dikirim melalui pesan berantai WhatsApp.

Melansir Tempo, poster versi terbaru ini telah beredar sejak Senin, 25 Maret 2024. Poster tersebut beredar setelah penetapan Komisi Pemilihan Umum atau KPU atas hasil Pemilihan Presiden RI pada Rabu, 20 Maret 2024 lalu.
 

Di awal poster itu tertulis “Update Top 3 Kandidat Menteri & Wakil Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Pasca Pengumuman KPU Maret 2024”. Dalam poster berlatar biru muda itu, terdapat 8 bagian kandidat menteri, yakni:
 
- Kandidat Menteri Koordinator
- Kandidat Menteri Triumvirat
- Kandidat Menteri Pendukung Kerja Presiden
- Kandidat Menteri Bidang Perekonomian dan Investasi
- Kandidat Menteri Bidang Perekonomian dan Investasi
- Kandidat Menteri Bidang Pangan, Gizi dan Pembangunan Manusia
- Kandidat Menteri Bidang Energi, Infrastruktur, Hilirisasi dan Lingkungan Hidup
- Kandidat Menteri Bidang Politik Hukum dan Keamanan

Terdapat total 59 menteri dari 8 bagian kandidat menteri tersebut. Masing-masing jabatan berisi tiga nama yang menjadi kandidat dalam mengisi posisi tersebut. Ada sejumlah nama menteri yang saat ini masih menjabat hingga nama-nama menteri baru. Kandidat-kandidat tersebut muncul baik dari kalangan partai politik maupun profesional. Bahkan, tak sedikit dari tokoh tersebut yang menyandang gelar purnawirawan.

HASIL CEK FAKTA

Merespon poster tersebut, Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko meragukan daftar nama menteri kabinet Prabowo-Gibran yang beredar di masyarakat. Di dalam poster itu, nama Budiman muncul sebagai kandidat Menteri Desa dan Transmigrasi serta Menteri Komunikasi, Informatika, dan Digital. “Saya meragukan keasliannya. Karena saya juga enggak pernah diberikan info tentang hal tersebut,” ujar Budiman ketika dihubungi Tempo, Selasa, 26 Maret 2024.

Budiman mengatakan daftar nama kandidat menteri juga pernah muncul ketika Presiden Joko Widodo atau Jokowi baru memenangkan Pilpres pada 2014 dan 2019 lalu.“Dulu pada saat Pak Jokowi baru dilantik jadi Presiden pada 2014 dan 2019 juga beredar daftar seperti ini, tapi nyatanya tidak akurat,” tuturnya.

Poster serupa pernah beredar sebelumnya. Tidak hanya di media sosial, poster yang berisi nama-nama menteri tersebut juga ramai dikirim melalui pesan berantai WhatsApp.

Dalam poster tersebut disebutkan bahwa Kabinet Indonesia Emas di bawah Prabowo-Gibran akan menganut struktur kabinet Ir. Soekarno yang menyertakan posisi menteri muda alias wakil menteri. Nama-nama itu di antaranya menteri yang saat ini masih menjabat, termasuk Airlangga Hartarto yang juga muncul sebagai Menko Bidang Perekonomian.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan poster kabinet Prabowo -Gibran yang beredar luas sebagai berita bohong atau hoaks.

“Hoaks itu,” ujar Airlangga ketika ditemui di Jakarta.

Menurut dia, saat ini belum ada pembicaraan di dalam koalisi Prabowo-Gibran terkait nama-nama calon menteri yang mengisi kabinet selanjutnya. Golkar termasuk dalam koalisi partai yang mengusung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

“Belum (ada pembicaraan dari TKN). Kami masih menghitung suara dan menghitung kursi," tuturnya.

Poster ini beredar setelah sejumlah hasil quick count menunjukkan Prabowo-Gibran meraih suara terbanyak, yaitu antara 57-60 persen. Sementara poster versi terbaru ini beredar setelah KPU menetapkan pasangan calon Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

Berdasarkan rekapitulasi suara nasional yang dilakukan KPU, Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara. Kemudian, di peringkat kedua terdapat paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin yang meraih 40.971.906 suara dan di peringkat ketiga diisi Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang meraih 27.040.878 suara.

KESIMPULAN

Kesimpulannya yaitu poster berisikan sejumlah nama menteri di Kabinet Prabowo itu tidak benar karena daftar nama kandidat menteri juga pernah muncul saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru memenangkan Pilpres 2019 lalu. Daftar nama kabinet yang beredar itu tidak dapat dijamin kebenarannya.
 
Rujukan
 
https://nasional.tempo.co/read/1849806/kembali-beredar-poster-berisikan-sejumlah-nama-menteri-kabinet-prabowo?page_num=2

https://news.detik.com/pemilu/d-7261983/muncul-lagi-poster-kandidat-kabinet-prabowo-budiman-sudjatmiko-ragu/amp

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7209783/viral-poster-bocoran-kabinet-prabowo-gibran-bahlil-itu-hoaks/amp