SAMOSIR - Terpantau, memasuki hari terakhir libur lebaran Idulfitri 1445 H 2024, Senin (15/4/2024) terjadi antrian panjang di Pelabuhan Tomok. Hal ini terjadi akibat padatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir selama libur lebaran tahun ini. Menurut laporan dari Pos pelayanan dan Pos pengamanan Operasi Kepolisian Ketupat Toba 2024 Polres Samosir, kunjungan ke lokasi objek wisata masih terus meningkat.

Dan disampaikan, Operasi Ketupat Toba 2024 masih berlangsung hingga tanggal 16 April 2024, bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama perayaan dan libur Hari Raya Idulfitri.

Kepala Pos pelayanan pelabuhan Tomok, IPDA. Denny B. Siregar SH, menjelaskan, arus masuk kendaraan dari Pelabuhan Ajibata masih tinggi, dengan antrian kendaraan di luar pelabuhan Kapal Feri Tomok yang masih panjang.

Pelayanan penyeberangan Kapal Feri Tao Toba Tomok masih berlangsung secara situasional dan diperkirakan akan berlanjut hingga Selasa dini hari.

Selanjutnya, Bripka Swandi Manurung, SH, dari Pos pelayanan Pelabuhan Simanindo, menyampaikan bahwa tiket online penyeberangan Kapal Feri dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun telah habis terjual dengan jadwal penyebrangan hingga pukul 20.00 WIB.

Dari Pos pelayanan Pelabuhan Ambarita, Bripka. Agus Sutopo, mengatakan tiket online penyeberangan Kapal Feri dari Pelabuhan Ambarita menuju Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba telah habis terjual degan trip penyeberangan hingga pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu P. Marpaung, menyampaikan hingga hari Kabupaten Samosir masih ramai dari kunjungan wisatawan.

Adapun objek wisata yang ramai dikunjungi, yakni makam Raja Sidabutar, patung Sigale-gale di Desa Tomok, Pantai Pasir Putih Parbaba, dan Bukit Si Bea-bea di Kecamatan Harian.

"Objek inilah yang menjadi tujuan favorit wisatawan dan didominasi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat", terang Vandu.

Lebih lanjut, ia menyampaikan hingga saat ini pelayanan penyeberangan Kapal Feri dari Pelabuhan Simanindo dan Pelabuhan Ambarita sudah tidak tersedia tiket penyeberangan yang dibeli secara online.

Sedangkan untuk pelayanan penyeberangan Kapal Feri Tao Toba Tomok, masih berlangsung dan hingga pukul 15.00 WIB, dan situasi antrian kendaraan di parkiran masih panjang.

"Hingga pukul 15.00 WIB, masih terjadi antrian panjang dan pelayanan di Pelabuhan dilakukan 2 trip untuk Feri Tao Toba. Antrian panjang di badan jalan di luar pelabuhan KMP Tao Toba hingga 500 meter", kata Vandu.

Diestimasi, pihak KMP Tao Toba Tomok akan melakukan penyeberangan hingga dini hari, dengan pelayanan dan pengamanan dari petugas Pos Operasi Ketupat Toba 2024 Polres Samosir.